5 Kontribusi BRI yang Dipersembahkan untuk Rakyat Indonesia

JABAREKSPRES – Dalam rangka menyambut Kemerdekaan RI yang ke-78, PT Bank Rakyat Indonesia atau BRI selama kiprahnya telah turut andil memberikan kontribusi kepada Negara Republik Indonesia.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, sebagai bank perusahaan BUMN, sudah menjadi kewajiban untuk memberikan kontribusi kepada negara.

Menurutnya, kontribusi ini diwujudkan untuk membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan memberikan akses permodalan untuk rakyat.

‘’BRI berbisnis dengan rakyat dan diproses dengan caranya rakyat, motto inilah yang selalu kita jungjung tinggi,’’ kata Sunarso dalam keterangannya.

Sunarso menuturkan, dalam perkembangannya, BRI berhasil membangun kinerja dan menghasilkan deviden yang dipersembahkan untuk negara.

Deviden atau keuantungan tersebut nantinya akan dikembalikan lagi kepada rakyat dalam bentuk berbagai program pembangunan.

Setidaknya ada 5 capaian atau kontribusi BRI untuk masyarakat Indonesia.

Penerimaan Deviden dan Pajak dari BRI

Sejak 2018 sampai dengan 2022, BRI telah berhasil mencatat perolehan deviden dan pajak sebesar Rp 140,5 Triliun dalam lima tahun terakhir.

Nilai dividen yang dibayarkan ke Pemerintah sebesar Rp49,4 triliun. Sedangkan PPh Badan yang dibayarkan ke pemerintah sebesar Rp50,6 triliun.

Untuk PPh Potongan/Pungutan maupun PPN Bea & Materai dibayarkan ke Pemerintah senilai 40,5 triliun.

Adapun rincian dividen dan pajak yang disetorkan kepada pemerintah adalah sebagai berikut:

2018 sebesar Rp24,3 triliun

2019 sebsar Rp Rp26,6 triliun

2020 naik menjadi Rp28,4 triliun.

2021 meningkat menjadi Rp27,1 triliun.

2022, mencapai sebesar Rp34,2 triliun.

BRI Holding Ultra Mikro (UMi)

Holding Ultra Mikro (UMi) terbentuk bersama tiga entitas di antaranya BRI, PT pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sejak 2021.

Melalui penyaluran modal kemasyarakat berbasis usaha kecil, UMi memberikan akses keuangan dengan sangat mudah dan praktis.

Saat ini UMi memiliki 36 juta nasabah yang diberikan melalui Sentra Layanan Ultra Mikro (Senyum) pada 1.013 kantor.

Sejak berdiri jumlah nasabah UMi juga terus mengalami peningkatan dengan traget pada 2024 akan melayani 45 nasabah.

Inklusi Keuangan Melalui Agen BRILink

Untuk memperluas jaringan layanan hingga pelosok, BRI juga melakukan inovasi strtegi dengan mendirikan agen BRILink yang tersebar dipelosok daerah.

Saat ini Agen BRILink telah mencapai 666 Ribu dengan menjangkau 59.705 ribu desa di seluruh Indoensia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan