Kampanye Penutupan Calon Presiden Ekuador Diwarnai Kekerasan

JABAR EKSPRES – Kandidat yang bersaing untuk menjadi presiden Ekuador berikutnya mengadakan acara penutupan kampanye pada hari Kamis, menjelang pemungutan suara akhir pekan dalam kontes yang diwarnai oleh pembunuhan kandidat anti-korupsi Fernando Villavicencio.

Lebih dari 13 juta warga Ekuador memenuhi syarat untuk memberikan suara pada Minggu untuk memilih pengganti Presiden konservatif Guillermo Lasso, yang menyerukan pemilihan cepat untuk mengakhiri proses pemakzulan.

Para kandidat berkomitmen untuk memerangi kejahatan dan memperbaiki ekonomi yang kesulitan, di tengah meningkatnya kekerasan dari pengedar narkoba dan pengangguran yang mendorong migrasi.

“Pemerintah baru harus lebih tegas dan berani,” kata Milton Oleas, 67 tahun yang bekerja di industri konstruksi, yang mengatakan dia masih belum memutuskan siapa yang akan dipilih.

“Presiden tidak boleh meragukan apa yang mereka lakukan dan harus berani mengambil keputusan.”

Pekan lalu, Villavicencio, mantan jurnalis investigasi dan anggota kongres, ditembak mati saat meninggalkan acara kampanye. Para kandidat, yang telah memperketat perlindungan dan membatasi jam kerja sejak pembunuhan itu, mengadakan aksi unjuk rasa dan acara lainnya di seluruh negeri.

Media lokal melaporkan bahwa tembakan mengguncang karavan yang dikemudikan oleh kandidat Daniel Noboa di Duran, provinsi Guayas. Namun polisi nasional mengatakan di X, jejaring sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, bahwa tidak ada serangan yang terjadi.

Noboa sendiri mengatakan ada serangan – tanpa menyebutkan jenisnya – dan tidak ada yang terluka.

Luisa Gonzalez, yang disponsori oleh mantan Presiden Rafael Correa, memimpin jajak pendapat sebelum Villavicencio dibunuh, dengan sekitar 30% niat untuk memilih. Tidak ada jajak pendapat yang diterbitkan sejak itu.

Itu mengadakan acara penutup di ibu kota Quito pada hari Rabu dan acara besar di Guayaquil pada hari Kamis.

Gonzalez telah berjanji untuk menggunakan $2,5 miliar cadangan internasional untuk menghidupkan kembali ekonomi yang kesulitan jika terpilih dan memulihkan program sosial yang dijalankan oleh Correa – yang telah dihukum karena korupsi, selama dekade kekuasaannya.

“Tangan tegas melawan kejahatan, melawan kekerasan dan melawan geng kejahatan, tetapi tangan solidaritas dan cinta untuk rakyat kita,” kata Gonzalez pada rapat umum hari Rabu, di mana Correa berpartisipasi dari jarak jauh dari Meksiko. “Kami akan menguasai negara. Inilah saatnya untuk mengangkat tanah air dengan bermartabat.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan