Diduga Bocor, DLHK Depok Minta Hasil Uji Lab SPBU 43.165.09 Rampung dalam Seminggu

JABAR EKSPRES – Setelah mendapat aduan dari masyarakat di sekitar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Minyak (SPBU) 43.165.09, Sawangan Baru, Sawangan, Depok, Jawa Barat yang mengatakan sumber airnya berbau minyak DLHK Depok nyatakan ada dugaan kebocoran tangki BBM dari SPBU.

Namun demikian, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Penaatan Lingkungan (Kabid P3L), DLHK Depok, Budiman meski ada dugaan, namun belum bisa memastikan apa yang meresap di sumur warga.

BACA JUGA: Masuki Peralihan Musim, DLHK Depok Imbau Warga Waspada

Setelah memanggil pihak SPBU 34.165.09, dan Pertamina, DLHK Depok meminta agar pihak SPBU melakukan uji laboratorium.

“Kami sudah memanggil, hasilnya dari pertemuan hari ini, SPBU harus melakukan uji lab, selain itu mereka juga harus tes hidrostatis, untuk mengecek tangki,” kata Budiman saat dikonfirmasi JabarEkspres.com pada Jumat, 18 Agustus 2023.

BACA JUGA: DLHK Depok Harap Program KEHATI Dapat Dukungan Masyarakat

Menurutnya DLHK Depok meminta hasilnya minggu ini agar bisa ditindaklanjuti hasil keputusannya.

“Hasilnya kan berdasarkan lab, paling tidak kami meminta satu minggu ini ada hasilnya,” tukas Budiman.

Selain itu, sebagai kompensasi SPBU 34.165.09 harus memberikan air bersih ke lima Kelapa Keluarga (KK) yang sumber airnya terdampak pencemaran.

“Kami meminta pihak SPBU siapkan air bersih untuk warga, ada 5 mobil tangki berukuran 8.000 liter,” lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, Menurut Budiman, jika SPBU 34.165.09 terbukti mencemari lingkungan warga, bisa saja ijin operasionalnya ditutup, sembari menunggu masa pemulihan.

“Kalau terbukti, SPBU bisa ditutup, dan akan dilakukan pemulihan dampak dari tercemarnya sumber air warga, oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” kata Budiman.

Sementara itu, pengawas SPBU 34.165.09, Sawangan Baru, Nurhadi mengatakan memang ada pengaduan dari masyarakat. Ada empat titik yang mengalami bau bensin.

“Sudah ada yang mengadu, empat titik yang terdampak,” katanya.

Dia mengaku belum bisa memastikan apakah bau tersebut bersumber dari tangki bensin yang bocor.

“Saya belum tahu, tapi di sumur SPBU juga ada yang bau. Airnya bening, tapi berbau,” kata Nurhadi.

Seperti diketahui, sekira sepekan lalu, air warga Sawangan Baru yang berdekatan dengan SPBU 34.165.09 warga sekitar mulai berubah warna. Bahkan, air yang biasa digunakan warga itu berbau minyak seperti bensin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan