BRI Dukung OJK Lakukan Penilaian Maturitas Digital Perbankan

JABARESKPRES – Adanya Rencana Penilaian Tingkat Maturitas Digital Bank Umum yang akan dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di sambut baik oleh BRI.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha mengatakan, BRI memiliki komitmen tinggi untuk melakukan transformasi digital secara bekelanjutan.

Menurut Arga Rencana OJK bertujuan memberikan informasi penting kinerja perbankan kepada masyarakat.

‘’Inisiatif ini akan menjadi alat kontrol oleh bank dalam melakukan transformasi digital,’’ kata Arga dalam keterangannya.

Arga menyambut baik dengan diberikannya kesempatan pertama bagi BRI untuk lakukan pengukuran rancangan digital maturity OJK itu.

‘’Ini sangat baik dari OJK untuk mendorong peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital dari perbankan”, ungkap Arga.

Adapun nilai yang akan diukur nanti akan sangat komperhensif mendalam dan bermanfaat bagi guideline industri perbankan

Arga mengatakan, pihaknya  sudah sangat familiar dengan adanya assesment yang mengukur digital maturity atau yang lebih spesifik IT maturity.

BUMN Keuangan ini juga telah melakukan engagement bersama pihak-pihak eksternal yang independen dengan menggunakan global frameworks.

Pada 2022 lalu, pihaknya juga telah melakukan assessment INDI 4.0 yang dikelola oleh Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian.

‘’Hasi Assesmentnya tentunya sangat memuaskan dan memiliki kinerja terbaik,’’ ujar Arga.

Untuk mendukung ini, BRI sudah memiliki pedoman asessment toll yang bisa digunakan oleh perusahaan di BRI Group.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi bahwa pengukuran akan dilakukan setiap tahun.

Assessment tool juga dapat digunakan sebagai tracking system. Dengan begitu jika ditemukan gap dapat ditelusuri secara langsung.

Arga menambahkan, BRI telah melakukan transformasi digital yang tertuang dalam BRIVolution 2.0.

Bri melakukan transformasi digital secara total ketika terjadi Pandemi Covid-19. Hal ini terjadi sebagai bentuk perubahan pelayanan agar efesien dan efektif. Di sisi lain BRI juga ingin fokus kepada open banking.

‘’Konsep ini adalah salah satu terobosan baru di bidang perbankan,’’ kata Arga.

Dengan begitu konsep ini terus mendorong transaksi dan layanan keuangan menjadi lebih aksesibel, mudah, cepat, terintegrasi, dan praktis bagi para nasabah.

Tinggalkan Balasan