Bentangkan Bendera Merah Putih dengan Ukuran  3.431,25 Meter, PT Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Dunia

JABAR EKSPRES – PT Freeport Indonesia (PTFI) memecahkan rekor dunia Guinness World Records (GWR) dengan mengibarkan bendera merah putih seluas 3.431,25 meter persegi di area terbuka Grasberg dari sebelumnya yang hanya 2.742.434 meter persegi.

Presdir PT Freeport Indonesia (PT FI) Tony Wenas dalam  mengatakan pengibaran bendera merah putih seluas 3.431,25 meter persegi di area terbuka Grasberg pada ketinggian 4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-78 RI yang dilakukan PT FI.

“Pengibaran bendera ini melambangkan semangat kami dalam merayakan HUT ke-78 Republik Indonesia, semangat kami untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” katanya dikutip dari Antara, Kamis (17/8).

BACA JUGA : Menkumham Sebut Negara Hemat Ratusan Miliar dari Pemberian Remisi terhadap Ribuan Narapidana di HUT RI ke-78

Menurut Wenas, kerja sama dan kekompakan para anggota tim dalam mengatasi berbagai tantangan selama membentangkan bendera memiliki peran penting dalam keberhasilan pencapaian rekor dunia ini.

“Ini merupakan penegasan kembali kontribusi PT FI kepada negara dan semangat ini akan menuntun kami untuk terus berdedikasi, bersinergi, memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan lingkungan,” katanya.

Dia menjelaskan pengibaran bendera merah putih telah dilakukan sejak 14 Agustus 2023 di titik tertinggi di area tambang terbuka Grasberg yang telah dieksploitasi PT FI sejak 1991 dan selesai dieksploitasi pada 2020.

BACA JUGA : Tetap Tenang Meski Sepatu Lepas, Anggota Paskibra Lili Wenda Mendapat Sorotan

Ia menambahkan bahwa PT FI berhasil meraih rekor MURI pada tahun 2022 untuk pagelaran musik yang diselenggarakan di titik terdalam 1.220 meter di bawah permukaan tanah yang berada di area Grasberg Block Caving (GBC) tambang bawah tanah PT FI.

Upacara pengibaran bendera merah putih diakhiri dengan konser “KITA SATU” yang juga meraih rekor MURI sebagai konser tertinggi di Indonesia yang diselenggarakan di area tambang Grasberg Freeport Indonesia pada ketinggian 4.285 meter di atas permukaan air laut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan