Kenali Beberapa Gejala Umum Gula Darah Tinggi!

JABAR EKSPRES – Gula darah tinggi biasa terjadi pada penderita diabetes, ketahui apa saja gejala umunya.

Gula darah tinggi terjadi karena banyaknya glukosa di dalam darah yang tidak cukup menghasilkan insulin.

Hal tersebut jika tidak ditangani dengan dengan cepat hingga waktu yang lama, maka dapat mengakibatkan adanya kerusakan pada bagian organ tubuh lain seperti mata, ginjal, saraf, hingga pembuluh darah.

Gejala Gula Darah Tinggi

  • Sering buang air kecil

Salah satu tanda mengalami gula darah tinggi umumnya yaitu sering melakukan buang air kecil, atau dapat juga disebut sebagai poliuria.

Hal tersebut disebabkan oleh ginjal yang bekerja membuang gula darah yang berlebih pada aliran darah menyebabkan terjadinya peningkatan produksi urine.

BACA JUGA: 5 Cara Menyembuhkan Batuk, Ini Cara-Caranya!

  • Urine berbau

Penderita gula darah tinggi, dalam beberapa kasus mengalami kondisi yang disebut ketoasidosis diabetik yang  dimana penderitanya tidak dapat mengontrol atau parah.

Gejala ini disebabkan oleh gula darah tinggi yang berkembang ketika tubuh mulai memecahkan lemak menjadi energi karena kurangnya insulin.

  • Sembelit

Sembelit dapat terjadi karena fluktuasi kadar gula darah yang mempengaruhi fungsi saluran pencernaan, karena hal tersebut dapat menyebabkan sembelit atau diare.

Beberapa obat yang dikonsumsi oleh penderita diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan.

BACA JUGA: 6 Obat Alami yang Dapat Sembuhkan Sariawan!

  • Sakit kepala

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat membuat gula darah menjadi naik lebih tinggi.

hal tersebut disebabkan karena tubuh yang akan lebih sedikit menghasilkan urine saat dehidrasi, karena itu glukosa yang ada terbuang dari tubuh juga sedikit, dengan begitu dapat menyebabkan beberapa keluhan seperti sakit kepala, pusing, mual, hingga kemungkinan pingsan.

  • Luka sulit sembuh

Saat gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf dan juga pembuluh darah, hal tersebut menyebabkan sirkulasi darah menjadi terganggu.

Hal tersebut dapat menyebabkan darah yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka akan sulit mencapai area tersebut yang menyebabkan luka menjadi sulit sembuh.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan