5 Cara Menyembuhkan Batuk, Ini Cara-Caranya!

JABAR EKSPRES – Saat seseorang mengalami sakit batuk, tenggorokan biasanya terasa sangat tidak nyaman karena terasa sakit dan gatal, apa cara untuk menyembuhkannya?

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meredakan batuk, diantaranya:

Cara Menyembuhkan Batuk

  • Minum air hangat

Tenggorokan akan terasa terganggu pada saat batuk menyerang, salah satu cara untuk meredakannya kamu bisa meminum air hangat.

Air hangat selain dapat memberikan ketenangan dan menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk juga dapat menghilangkan lendir yang menempel pada tenggorokan.

BACA JUGA: Batuk Berdahak? Ini Cara Ampuh Keluarkan Dahak!

  • Berkumur dengan air garam

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan batuk adalah dengan berkumur dengan menggunakan air garam, air garam sendiri dapat membantu menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan akibat batuk.

  • Minum obat

Berbagai jenis atau merek obat dapat dengan mudah ditemukan di berbagai apotek, namun untuk mengatasi batuk pastikan kamu mengonsumsi obat yang memiliki kandungan baktif guaifenesin dan dekstrometorfan.

Guaifenesin diketahui merupakan agen ekspektoran yang membantu melonggarkan lendir yang ada pada tenggorokan atau pada saluran pernafasan.

Sedangkan untuk dekstrometorfan merupakan agen antitusif yang bekerja untuk mengurangi refleks batuk di otak.

BACA JUGA: 6 Obat Alami yang Dapat Sembuhkan Sariawan!

  • Minum air jahe

Cara untuk menyembuhkan batuk lainnya adalah dengan meminum air jahe, karena jahe sendiri diketahui memiliki kandungan yang dapat meredakan berbagai penyakit. Air jahe dapat melonggarkan otot-otot pada saluran pernafasan.

  • Madu

Madu dipercaya dapat meringankan sakit pada tenggorokan, selain itu madu sendiri dipercaya dapat lebih efektif untuk mengatasi batuk dibandingkan dengan obat tanpa resep lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan