Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan RI, Koramil 1007 Beri Edukasi dan Stimulus Jiwa Nasionalis pada Generasi Muda Sumedang

JABAR EKSPRES – Berbagai agenda peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada bulan Agustus, marak dilaksanakan oleh berbagai kalangan masyarakat dan intansi pemerintahan, terutama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tak hanya di wilayah pusat, Koramil 1007 bersama jajaran Forkopimcam, laksanakan upacara sekaligus berziarah di salah satu makam pejuang yang terletak di Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Rabu, 16 Agustus 2023.

BACA JUGA: Temuan Benda Purba Menjelaskan Bahwa Telah Ada Kehidupan Sejak 2 Juta Tahun Lalu di Sumedang

Dalam rangka memperingati HUT ke -78 kemerdekaan Republik Indonesia dan mengenang para pejuang pendahulu, Danramil 1007 Conggeang Kapten Inf Lilo Witjaksono secara langsung memimpin upacara dan ziarah makam pejuang Mayor Abdurrahman, di Desa Cibubuan, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

Danramil Lilo mengatakan, upacara ziarah ke makam Mayor Abdurrahman di desa Cibubuan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan.

BACA JUGA: Buntut Tol Cisumdawu, Masyarakat Terdampak Bakal Tetap Gelar Aksi Demo hingga Bupati Sumedang Tandatangi Surat Rekomendasi

“Kegiatan ini adalah salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan kepada pahlawan,” tegas Danramil saat dikonfirmasi JabarEkspres.com pada Rabu, 15 Agustus 2023.

Lilo menuturkan, bertepatan dengan detik-detik kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023 besok, kegiatan ini menjadi lebih dapat dimaknai sebagai bentuk penghargaan dan pelestarian jiwa nasionalisme.

“Di samping itu, ziarah juga dapat mengedukasi dengan mencontohkan pada para generasi muda untuk tetap mengenang jasa pahlawan dalam merebut kemerdekaan agar tidak terlupakan begitu saja,” tuturnya.

Danramil berharap kegiatan ini dapat di jadikan sebagai motivasi bagi generasi muda untuk meneruskan cita-cita dan semangat pahlawan dalam mengisi kemerdekaan.

Berdasarkan pantauan JabarEkspres.com turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kapolsek Conggeang AKP Adang Sobari Ketua LVRI Conggeang Bapak Maman beserta anggota, Ketua FKPPI kec.Conggeang Bapak Yunus beserta anggota, Kepala Desa beserta Perwakilan Perangkat Se-Kecamatan Conggeang dan Perwakilan Sekolah. (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan