Perdana Digelar, Bogor Jadi Tuan Rumah Pekan Olahraga Beladiri Nasional

JABAR EKSPRES – Kota Bogor resmi ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah dari pelaksanaan Pekan Olahraga Beladiri Nasional yang perdana di Indonesia.

Kegiatan yang digawangi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat ini rencananya akan dihelat pada 22 Oktober mendatang.

Pekan Olahraga Beladiri Nasional akan diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia. Perhelatan ini juga akan menjadi ajang babak kualifikasi bagi beberapa cabor untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) dan kejuaraan nasional (kejurnas).

“Alhamdulillah Kota Bogor dipercaya menjadi salah satu kota penyelenggara. Kita sudah terima SK-nya kemarin langsung diberikan oleh Ketua KONI Pusat. Dengan ini harapannya tentu para atlet kita bisa menimba ilmu sekaligus meraih prestasi terbaiknya di ajang ini,” ujar Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Menyambut itu, Kota Bogor sendiri akan menyiapkan dua venue untuk dua cabang olahraga (cabor) dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Beladiri Nasional nanti.

Di antaranya, GOR Padjajaran untuk cabor Wushu, dan Hotel Green Forest Bogor Selatan untuk pelaksanaan cabor Sambo dan Kickboxing.

Menurut Dedie, penyelenggaraan Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini menjadi kehormatan untuk Kota Bogor, sekaligus menjadi salah satu proses untuk persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat tahun 2026 yang dimana Kota Bogor juga dipercaya menjadi tuan rumah.

Adanya penyelenggaraan Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini, sambung dia, juga dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor yang bersumber dari kedatangan atlet, official, hingga penonton dari kota/kabupaten lainnya di Indonesia.

“Kegiatan yang bersifat nasional ini tentu dihadiri oleh banyak orang. Oleh karena itu masyarakat Kota Bogor juga saya minta menyambut secara gegap gempita, karena kegiatan ini sangat prestige,” ungkapnya.

“Apalagi Bogor dikenal sebagai City of Martial Arts. Dari Kota Bogor banyak atlet beladiri berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” imbuh Dedie.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman mengapresiasi Kota Bogor yang dengan responsif menyambut Pekan Olahraga Beladiri Nasional ini dengan menjadi tuan rumah bersama Kota Bekasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan