Awali Proses Pembelajaran, 534 Praja IPDN Diberikan Pendidikan Dasar Mental dan Disiplin Praja

JABAR EKSPRES – Dalam mengawali proses pembelajaran pelatihan dan pengasuhan, sebanyak 534 Praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN), diberikan Pendidikan Dasar Mental dan Disiplin Praja atau Diksarmendispra angkatan 34 yang diresmikan langsung oleh Rektor IPDN Hadi Prabowo, Sabtu 12 Agustus 2023.

Hadi menyampaikan bahwa peresmian Diksarmendispra ini merupakan pembelajaran awal atau pengenalan terhadap sekolah kedinasan (IPDN).

BACA JUGA: Lulusan Instansinya Dianiaya di Lampung, IPDN Angkat Bicara

“Jadi pendidikan dasar ini merupakan pengenalan, khususnya ini sekolah kedinasan, yang bersifat ‘boarding school’, sehingga dituntut sebuah kedisiplinan, sikap dan semangat daya juang yang tinggi,” Terangnya kepada Jabar Ekspres.

“Maka itu dilakukan pembinaan, diberikan mata pelajaran. Karena ini (praja) kan berasal dari sekolah umum, sehingga diberikan kemampuan baris berbaris, beladiri praktis, wawasan kebangsaan, bela negara, juga pengenalan senjata orientasi medan,” Tambahnya.

Hal itu dilaksanakan demi mendidik kemampuan jasmani para kader pamong praja, agar siap dalam menjalani pendidikan selama menimba ilmu di Lembah Manglayang. Senada dengan apa yang dipaparkan oleh Hadi Prabowo.

“Sehingga dengan demikian, kita harapkan fisiknya, jasmaninya, ini juga kuat dan terbentuk, seperti halnya yang kita butuhkan sebagai kader pamong praja,” Ucapnya.

Dalam pidato peresmian Diksarmendispra IPDN sore tadi, Hadi mengatakan kepada sejumlah praja IPDN, bahwa mereka yang sedang berbaris rapih dihadapanya tersebut, merupakan orang-orang pilihan yang berkesempatan untuk menempuh pendidikan di IPDN.

BACA JUGA: Para Pamong Praja IPDN Persiapkan Permainan Angklung Untuk Raih Rekor Dunia

“Bahwa kalian merupakan orang-orang pilihan yang berkesempatan untuk menimba dan mengabdikan diri kepada masyarakat dan negara di sini,” Ujarnya dalam pidato peresmian Diksarmendispra IPDN Angkatan 34, Sabtu 12 Agustus 2023, sekitar jam 17.00 Wib.

Diketahui, terdapat 534 formasi dikurangi satu orang yang mengundurkan diri dan semua merupakan lulusan terbaik dari sekitar 26.338 yang mengikuti tes IPDN.(mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan