Menparekraf: Wisata Kabupaten Bandung Alami Peningkatan

JABAR EKSPRES – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno, menyebut saat ini kunjungan wisata di Kabupaten Bandung khususnya di Bandung Selatan alami peningkatan.

Menurutnya pada tahun lalu hingga sekarang angka peningkatan mengalami 30 persen dan terus meningkat.

“Wah ini sudah luar biasa. Saya pantau dari kunjungannya, tahun lalu naik 30 persen, tahun ini naik lagi,” ujar Sandiaga saat ditemui beberapa waktu lalu.

Sandiaga menyampaikan angka pertumbuhan ekonomi sendiri saat ini mengalami peningkatan 5,17 persen di tengah ketidakpastian global. Hal itu pun tak luput dari sektor pariwisata.

BACA JUGA: 5 Wisata Kuliner Malam Bandung yang Cocok untuk Kamu Kunjungi

“Jadi kita harus mengaplikasikan dan bersyukur betul bahwa di tengah-tengah ketidakpastian global, Indonesia masih bertumbuh, masih bergerak ekonominya,” katanya.

Selain itu untuk menjaga peningkatan ekonomi wisata, Sandiaga pun berkomitmen akan terus melanjutkan perjuangan ini dengan kerja lebih keras lagi dekat dengan masyarakat dan memberikan peningkatan kesejahteraan kepada rakyat.

“Ya seperti ini, tadi kami serahkan dukungan 5 desa wisata. Langsung kongkrit, gak pakai besok-besok, gak pakai nanti. Kita serahkan bantuannya. Nanti akan diikuti dengan pelatihan tambahan dan peningkatan literasi keuangan. Nanti ada juga partisipasi dari dunia usaha,” terangnya.

BACA JUGA: Wisata Tersohor dan Gratis di Bandung itu Bernama Perkebunan Teh Rancabali

Pihaknya pun dari kementerian sendiri akan terus memberikan bantuan dan dorongan, khususnya dalam meningkatkan ekonomi wisata.

“Pemerintah akan terus memfokuskan kepada peningkatan SDM, produk-produk ekonomi kreatif dan peningkatan destinasi wisata Sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan,” tuturnya.

Dirinya pun berharap kedepannya setiap desa wisata bisa menjadi penopang dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

“Harapannya desa-desa ini akan menjadi penopang dari pertumbuhan ekonomi ke depan,” pungkasnya. (Agi)

BACA JUGA: Situ Cileunca Pangalengan, Keindahan Danau Buatan yang Tiada Tara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan