Tahun 2024, 250 Desa Wisata Ditargetkan Menparekraf

JABAR EKSPRES – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), Sandiaga Uno mengatakan saat ini melalui program anugerah desa wisata sebanyak 250 desa mulai tersentuh melalui programnya.

Tak hanya itu, khusus di Jawa Barat sendiri kata Sandiaga, program anugrah wisata ini sudah mencapai 75 desa wisata.

“Salah satu inovasi kami dan saat itu saya berkunjung di sini. Anugerah wisata kita segera luncurkan dan tahun ini sudah mencapai 75 desa wisata. Akhir dari pada pemerintahan tahun depan, dengan targetnya 250 buah kita sentuh dengan berbagai program,” ujar Sandiaga saat ditemui di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, Kamis (10/8/2023).

BACA JUGA: 35 Desa Wisata di Jawa Barat Raih Anugerah dan Masuk 500 Besar Wisata Unggulan

Sandiaga menjelaskan, saat ini pariwisata-pariwisata yang ada di Indonesia mulai mengalami peningkatan kembali setelah hampir 2 tahun terpuruk lantaran adanya Covid-19 yang melanda.

“Desember 2020 keadaan pariwisata betul-betul dalam keadaan yang sangat memprihatinkan,” katanya.

Meski begitu kata Sandiaga setelah dua tahun pasca pandemi Covid-19 semua pariwisata mulai mengalami peningkatan kembali.

Sehingga menurutnya pada tahun lalu secara kolektif bisa membuka lapangan kerja baru.

“Setelah dua tahun kunjungan wisata meningkat, lapangan kerja tercipta, sehingga tahun lalu secara kolektif 2,5 juta lapangan pekerjaan baru tercipta. Tahun depan targetnya 4,5 lapangan kerja baru,” terangnya.

BACA JUGA: Jabar Penyumbang Warisan Budaya Tak Benda Terbanyak di Indonesia

Dirinya pun tak menampik jika peningkatan ini merupakan keberlanjutan dari program pelatihan literasi keuangan bersama dengan mitra, OJK dan stakeholder lainnya.

“Untuk menjadikan desa wisata lebih tangguh lagi ke depan. Dengan daya tarik wisata yang beragam, lebih banyak dan kemampuan membangun produk ekonomi kreatif unggulan,” tuturnya.

Sandiaga pun melihat dan yakin dengan kolaborasi yang dilakukan bersama bisa meningkatkan semua tempat pariwisata.

Tak hanya di Kabupaten Bandung sendiri, namun juga 5 desa wisata di Provinsi Jawa Barat yang lain.

“Saya yakin dengan kolaborasi bersama ditunjukan dengan 5 desa wisata di Provinsi Jabar. Mulai dari Pangandaran, Garut, sampai Sukabumi,” jelasnya.

“Dan di kabupaten bandung ini kita bisa dipulihkan lagi kebangkitan ekonomi kita. Demi memberi kesejahteraan masyarakat yang meningkat,” tutupnya. (Agi)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan