Elektabilitas Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo dan Anies Baswedan di Jawa Timur

JABAR EKSPRES – Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) dengan fokus pada “Dinamika Perilaku Pemilih Jawa Timur Menuju Pemilu 2024” telah mengungkapkan bahwa Ganjar Pranowo mendominasi sebagai calon presiden pilihan utama di kalangan perempuan milenial Jawa Timur.

Dalam pemaparannya hari ini, Ikhsan Rosidi, yang merupakan seorang peneliti senior dari SSC, mengungkapkan bahwa dukungan yang diberikan kepada Ganjar Pranowo berhasil mengungguli pesaingnya dalam persaingan Pilpres 2024, yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

“Ganjar pranowo 41,3 persen, Prabowo Subianto 34,2 persen, Anies Baswedan 16,7 persen, tidak tahu sama sekali 7,8 persen,” ungkap Ikhsan Rosidi, dikutip oleh JabarEkspres.com dari Pojoksatu.id.

Ganjar juga tetap lebih unggul dari Prabowo dan Anies di kalangan milenial.

BACA JUGA: Forum Para Ulama Mendorong KPP untuk Menduetkan AHY sebagai Cawapres Anies Baswedan di Pilpres 2024

“Untuk capres pilihan milenial Jatim, Ganjar pranowo menduduki peringkat pertama 43,3 persen, Prabowo Subianto 32,8 persen Anies Baswedan 17,9 persen, tidak tahu sama sekali 6,0 persen,” sambung Ikhsan.

Hasil survei terbaru mengungkapkan preferensi masyarakat terhadap calon pemimpin di Capres 2024 serta perbandingan antara pemilih yang kuat dan pemilih yang berubah-ubah.

Survei yang dilakukan oleh lembaga penelitian SSC dalam rentang waktu 25 Juli hingga 3 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur ini melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Dalam survei tersebut, responden diminta untuk mengungkapkan siapa sosok yang dianggap mampu meneruskan visi dan misi program kerja Presiden Jokowi.

Hasilnya, Ganjar Pranowo memimpin dengan perolehan dukungan 23,3 persen, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 21,5 persen.

BACA JUGA: Tarik-Ulur Siapa Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Sementara itu, Gibran Rakabuming meraih 10,0 persen, Erick Thohir 8,2 persen, Mahfud MD 8,0 persen, Khofifah Indar Parawansa 5,8 persen, Sandiaga Uno 3,2 persen, dan Ridwan Kamil 2,4 persen.

Namun, terdapat juga figur-figur lain yang mendapat dukungan lebih rendah. Anies Baswedan hanya menerima 1,6 persen, diikuti oleh Agus Harimurti dan Muhaimin Iskandar dengan masing-masing 1,2 persen.

Sementara Airlangga Hartanto hanya meraih 1,0 persen, sedangkan 0,8 persen sisanya mengarah pada kandidat lain dan 11,8 persen responden menyatakan tidak tahu atau belum memutuskan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan