Resmi Ditunjuk Gubernur Jadi Tuan Rumah Porprov 2026, Pemkot Bogor Bersiap Bebenah Infrastruktur

JABAR EKSPRES – Kota Bogor resmi ditunjuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk menjadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Jawa Barat 2026 mendatang.

Kini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bogor tengah menggencarkan rapat koordinasi (Rakor) membahas sejumlah persiapan.

Teranyar, keduanya mulai meramu terkait persiapan itu kemarin di Balai Kota Bogor. Meski masih tiga tahun lagi, bebenah atau mengejar persiapan terkait infrastruktur menjadi pembahasan utama.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Pastikan Peresmian KCJB Dilakukan 18 Agustus 2023

“Persiapan sebagai tuan rumah harus dimulai dari sekarang. Kami sudah terima SK Gubernur dan memutuskan hanya Kota Bogor sebagai tuan rumah,” kata Ketua KONI Kota Bogor, Benninu Argoebie pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Sebelumnya, sambung dia, ada ketetapan dari KONI Jawa Barat jika tuan rumah Porprov itu harus di tiga tempat. Namun, Kota Bogor ditunjuk langsung Gubernur Jawa Barat sebagai tuan rumah tunggal.

Ia menyebut, meskipun sebagai tuan rumah tunggal, Kota Bogor tetap bisa meminta bantuan dari daerah lainnya yang sifatnya hanya sebagai daerah pendamping.

“Pemkab Bogor sudah menyatakan siap membantu Kota Bogor di Porprov dan saat ini kami sedang membentuk Pokja persiapan,” papar Benninu.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menambahkan, dalam pelaksanaan Porprov itu setidaknya dibutuhkan anggaran sekitar Rp245 miliar.

Anggaran tersebut, kata dia, di luar perbaikan sarana prasarana dan penyelarasan terkait infrastruktur.

Tak ayal, ada beberapa poin yang harus segera diprioritaskan Dinas PUPR Kota Bogor, yakni memastikan lagi dengan Sekda Jabar terkait komitmen dari Pemprov Jabar mengalokasikan Rp100 Miliar untuk pembangunan wisma atlet di Kayumanis.

“Sebelum bicara dengan Sekda dan Gubernur, dalam waktu secepatnya saya mohon BKAD rapatkan segera dengan BPN untuk memastikan status lahan, karena itu dianggap kendala kita,” jelas Dedie.

BACA JUGA: Trek Ujian Praktek SIM C Diubah, Kapolresta Bogor: Masyarakat Diberikan Kesempatan untuk Latihan

“Kalau bisa minggu ini selesaikan, minta diprioritaskan dan kita bawa ke Bandung dalam bentuk dokumen atau bukti komitmen dari BPN untuk keluarkan status bidang tanah yang akan kita bangun jadi wisma atlet,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan