Buka Acara Ritual Ngalaksa di Sumedang, Wabup Erwan Setiawan Turut Menari Tarawangsa

JABAR EKSPRES – Wakil Bupati (Wabup) Sumedang, Erwan Setiawan buka acara ritual ngalaksa di Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Selasa, 8 Agustus 2023.

Di hari pertama itu juga, selepas pembukaan acara, Wabup Sumedang, Erwan Setiawan bersama para pejabat Kecamatan turut menikmati tarian Tarawangsa yang kini telah menjadi Seni Tradisi Cagar Budaya Tak Benda tersebut dalam ritual ngalaksa.

Wabup Erwan Setiawan mengaku merasa bahagia, lantaran pada kesempatan tersebut telah hadir pula Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wil IX Kemendibud Ristek RI, Dwi Ratna.

“Alhamdulillah upacara adat ngalaksa Rancakalong tahun 2023 ini langsung dihadiri juga oleh ibu Dwi, selaku kepala balai pelestarian kebudayaan” ujarnya kepada JabarEkspres.com pada Selasa, 8 Agustus 2023.

“Dan seperti yang telah disampaikanya tadi bahwa adat budaya ngalaksa ini sudah masuk dalam cagar budaya tak benda Indonesia,” lanjutnya.

Erwan Setiawan juga berharap bahwa tradisi budaya ini terus berlanjut dan berkembang serta terpelihara.

“Saya berharap ini terus dikembangkan, terus dipelihara, karena ini sebagai wujud rasa sukur kita kepada Alloh SWT atas hasil panen yang melimpah pada tahun ini. Saya berharap acara yang selama satu minggu ini bisa berjalan dengan lancar aman sukses dan semua masyarakat bisa menikmatinya bisa mengikuti acara ini dengan baik,” katanya.

Tak hanya itu, Erwan Setiawan yang turut menarikan tarawangsa itu, menyatakan bahwa tarawangsa merupakan tarian yang paling enak.

“Tarian yang paling enakeun yang paling bisa dinikmati adalah tarawangsa, makanya masuk dalam daftar warisan cagar budaya tak benda Indonesia juga,” pungkasnya (Mg11)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan