Tak Lagi Zig-zag, Kepolisian Jabar Resmikan Aturan Ujian Praktik SIM dengan Sirkuit Baru

JABAR EKSPRES – Mulai  7 Agustus 2023, Kepolisian Jawa Barat menerapkan ujian praktik SIM dengan sirkuit praktek baru yang tak lagi zig zag.

Dalam peresmian yang dilakukan di Mapolresta Bandung, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Akhmad Wiyagus melakukan simbolis dengan memotong pita untuk meresmikan mekanisme baru dalam ujian praktik SIM.

Adapun perubahan mekanisme atau uji praktek SIM ini sesuai dengan instruksi Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk memudahkan masyarakat dalam membuat SIM.

Wadirlantas Polda Jabar AKBP Edwin Afandi menyampaikan kepada masyarakat di Jawa Barat jika saat ini seluruh ujian praktek SIM dirubah menggunakan denah baru.

BACA JUGA: Sidang Lanjutan Kasus Suap Bandung Smart City, Saksi Beberkan Kronologis Pemberian Sepatu LV Yana Mulyana

“Kami ingin menginformasikan kepada masyarakat di Jawa Barat bahwa sekarang seluruh ujian praktek SIM di Jawa Barat atas petunjuk dan atensi dari bapak Kapolri untuk dirubah denah sistem pelaksanaan kegiatan ujian SIM,” ujar Edwin saat ditemui, Senin (7/8/2023).

Edwin mengungkap dengan adanya ujian praktek SIM yang baru ini semoga saja bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan launching yang dilakukan pak Kapolda Jabar di hari ini di Polresta Bandung memberikan kemudahan kepada masyarakat yang akan melaksanakan ujian praktek SIM,” katanya.

Edwin berharap dengan kondisi ini masyarakat bisa lebih tertib, lebih patuh, dalam memperoleh SIM dan dapat Melaksanakan ujian praktek tanpa dihantui dengan ketakutan. Namun lebih realistis dan logis.

“Mereka mudah-mudahan dengan cepat menyesuaikan dan segera mendapatkan SIM,” ungkapnya.

Sementara itu Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyampaikan ujian praktek sim yang sudah direvisi ini sesuai dengan harapan kapolri.

“Kita perbaiki sesuai dengan harapan bapak Kapolri berdasarkan harapan masyarakat, bapak Kapolda hadir meresmikan itu sebagai sebuah simbol bahwa seluruh Jajaran polres di Jawa barat per hari ini sudah melaksanakan kegiatan uji praktek sim,” ujar Kusworo saat ditemui.

Kusworo menjelaskan dalam praktek ujian yang baru ini dimensi ruas ujian sudah lebih lebar yang tadinya 120 centimeter menjadi 160 centimeter.

Tinggalkan Balasan