Siap-siap! Seleksi CPNS Bakal Kembali Digelar Bulan Depan, Kementrian PANRB Buka 572.496 Formasi

JABAR EKSPRES – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengumumkan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka kembali pada bulan September 2023 mendatang.

Dalam seleksi CPNS yang akan dibuka September 2023 nanti, Kementerian PANRB menyebutkan bahwa ada sebanyak 572.496 formasi, yang mana angka ini turun dari proyeksi 1,03 juta lowongan.

Seperti diketahui bahwa seleksi CPNS sebelumnya dibuka dengan formasi yang lebih banyak. Sehingga, kesempatan masyarakat untuk mendaftar lebih luas. Meskipun demikian, membeberkan pembagian formasi tersebut.

BACA JUGA: CPNS 2023 Segera Dibuka! 80 Persen Untuk Guru dan Nakes

Lebih lanjut, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, sebanyak 572.496 terbagi untuk 72 instansi pemerintah pusat sebanyak 78.862 ASN dan pemerintah daerah 493.634 ASN.

Selanjutnya, alokasi formasi CASN untuk pemerintah pusat sebanyak 28.903 untuk CPNS dan 49.959 untuk PPPK. Di pemerintah daerah, bakal dibuka 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

BACA JUGA: Cek Persyaratan CPNS 2023 Untuk Lulusan SMA dan Sarjana Sekarang Juga!

Kemudian Abdullah Azwar Anas pun memastikan, seleksi CPNS terbuka dan adil. Sehingga ke depannya akan tercipta pekerja yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Ia menegaskan tidak bisa titip-menitip.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), lanjut Abdullah Azwar Anas, proses seleksi CPNS diharapkan akan berjalan tertib dan memenuhi ketentuan, serta tanpa adanya kecurangan.

Tidak hanya itu, Abdullah Azwar Anas pun berharap kinerja PNS atau ASN bisa dirasakan oleh masyarakat. Sehingga, lanjutnya, proses seleksi sangat berpengaruh.

“Kita jamin semuanya fair, tidak bisa titip-menitip. Kita berharap ASN bisa melahirkan kinerja berdampak yang dapat dirasakan masyarakat, sesuai arahan Presiden Joko Widodo,” katanya, dikutip JabarEkspres.com dari PMJ News pada Senin, 7 Agustus 2023.

Diketahui bahwa seleksi CPNS masih dinantikan masyarakat, animo masyarakat terhadap status dan jabatan ASN atau PNS masih diminati. Sehingga, banyak sekali pendaftar pada setiap pembukaan seleksi CPNS. (*)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan