Google Search Hadirkan Fitur Baru untuk Jaga Privasi

JABAR EKSPRES- Google Search kini mengenalkan fitur perlindungan privasi baru untuk menjaga informasi pribadi penggunanya dengan mendeteksi dan menghapus hasil pencarian yang memaparkan data pribadi.

Melalui area pengaturan bernama “Hasil tentang Anda”, pengguna dapat meminta Google untuk menghapus data sensitif seperti nomor telepon, alamat rumah, dan alamat email yang terlihat dalam hasil pencarian.

Dalam sebuah unggahan di blognya, Google mengungkapkan, “Sebelumnya, kami telah memiliki kebijakan yang memungkinkan Anda menghapus gambar eksplisit yang tidak diinginkan dari hasil pencarian. Sekarang, kami memperluas perlindungan ini untuk memungkinkan pengguna menghapus gambar pribadi dan eksplisit yang mereka tidak ingin muncul di hasil pencarian.”

Baca juga: Manfaatkan Teknologi AI, Google Bakal Kembangkan Fitur Google Assistant

Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini dengan mengunjungi bagian akun di aplikasi Google dan memilih opsi “Hasil tentang Anda”. Walaupun fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat, Google tengah bekerja keras untuk menghadirkannya ke negara lain dan dalam berbagai bahasa.

Baca juga: Google Dituntut Ganti Rugi Rp 5 Triliun karena Diduga Melanggar Hak Paten

Pada awal tahun ini, Google telah meluncurkan fitur keamanan yang membantu melindungi pengguna dari gambar yang tidak pantas, seperti konten pornografi dan kekerasan. Jika gambar-gambar semacam itu muncul dalam hasil pencarian, Google Search akan secara otomatis menyembunyikannya.

Meskipun pengguna bisa menghapus konten sensitif dari hasil pencarian di Google Search, tetapi konten tersebut tidak akan dihapus dari situs web atau mesin pencarian lainnya.

Dengan pembaruan fitur ini, Google berharap memberikan pengguna lebih banyak kendali terhadap data pribadi yang terlihat dalam hasil pencarian Google Search.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan