Cara Rawat Mobil Listrik di Cuaca yang Panas, Penting!

JABAR EKSPRES- Musim panas yang ekstrem akhir-akhir ini telah melanda beberapa negara, dan ini dapat membawa risiko bagi kendaraan listrik.

Berikut adalah lima langkah yang dapat diambil oleh pemilik kendaraan listrik (EV) untuk menjaga mobil mereka tetap beroperasi saat menghadapi suhu tinggi atau cuaca ekstrem, seperti yang dilaporkan oleh laman Electrek.

Pilih Tempat Parkir yang Tertutup Bayangan

Penting untuk memarkir kendaraan listrik di tempat yang teduh saat cuaca panas. Ini membantu menurunkan suhu interior mobil serta melindungi baterai dari suhu berlebih.

Menurut National Renewable Energy Laboratory, memarkir EV di bawah sinar matahari langsung bisa meningkatkan suhu baterai hingga 12 derajat Fahrenheit, tetapi memarkir di tempat yang terlindung dapat menjaga suhu baterai agar tetap pada atau di bawah suhu sekitar.

Batasi Pengisian Baterai hingga 80 Persen

Suhu tinggi dapat mempercepat penurunan daya pada baterai EV. Sebaiknya isi daya baterai hingga 80 persen untuk memastikan kendaraan memiliki daya yang cukup.

Mengisi daya antara 20 hingga 80 persen dapat membantu memperpanjang umur baterai, sementara mengisi daya lebih dari 80 persen untuk waktu yang lama dapat mengurangi masa pakai baterai.

Selain itu, rencanakan rute perjalanan dengan bijak untuk memanfaatkan daya baterai secara efisien.

Baca juga:  KG Mobility Rilis SUV Listrik, Yuk Intip Tampilan dan Bocoran Speknya!

Gunakan Pendingin Udara dengan Hemat

Hindari penggunaan pendingin udara secara berlebihan, karena hal ini dapat mengurangi jangkauan kendaraan listrik.

Sebaiknya Pendingin udara dinyalakan saat kendaraan masih terhubung ke sumber daya, ini dapat membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk mendinginkan mobil. Jika tidak memerlukan pendingin udara, atur suhu lebih tinggi atau matikan.

Baca juga:  BMW akan Menjual Mobil Listrik Harga Murah di Tahun ini

Awasi Tekanan Ban

Suhu ekstrem dapat membuat ban kendaraan mengembang, yang berpotensi mengakibatkan inflasi berlebih dan mengurangi jangkauan kendaraan listrik. Secara teratur periksa dan sesuaikan tekanan ban.

Pengguna bisa menemukan rekomendasi tekanan ban yang tepat untuk EV pada buku panduan, di pintu samping pengemudi, atau di layar komputer kendaraan. Menjaga tekanan ban pada tingkat yang sesuai akan meningkatkan efisiensi keseluruhan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan