10 Jurusan Sepi Peminat Ini Punya Masa Depan dan Gaji yang Fantastis, Lho!

BACA JUGA: Menilik Sejarah Sekolah Perempuan Indonesia Pertama dari Bandung: Sekolah Dewi Sartika

  1. Ilmu Perpustakaan

Siapa sangka ilmu perpustakaan bukan hanya berkecimpung di dunia buku saja? Ternyata, selama di jurusan ini, kamu akan mempelajari beragam hal, mulai dari pengarsipan, pengorganisasian, pengawetan, hingga penyebarluasan informasi di suatu perpustakaan.

Lulusan jurusan ini sangat luas dan dibutuhkan di berbagai instansi swasta ataupun pemerintahan. Nantinya, kamu bisa menjadi pustakawan, sekretaris, programmer, administrasi arsip, hingga dokumen konselor.

  1. Kehutanan

Sebagai negara tropis, Indonesia tentunya membutuhkan orang-orang jurusan kehutanan. Di sini, kamu akan mempelajari bagaimana cara pengelolaan hutan, pemanfaatan hasil hutan, hingga produktivitas hutan. Jadi, kamu bakal sering lihat yang ijo-ijo lho!

Lulusannya pun tidak mesti bekerja di instansi pemerintahan. Kamu bisa bekerja sebagai peneliti, konten kreator, dan wirausahawan. Bahkan, bisa direkrut lho oleh organisasi internasional.

  1. Matematika

Loker sebagai data analyst, data scientist, dan aktuaris sedang marak-maraknya di Indonesia. Dengan gaji yang tinggi, siapa yang tidak tergiur karenanya. Nah, matematika masuk lho sebagai salah satu kriteria untuk mendapatkan pekerjaan itu. Kenapa? Karena matematika tidak hanya belajar soal hitungan saja, tapi ada analisis, keuangan, bahkan koding.

BACA JUGA: Viral! Mahasiswa Magang Protes Minta Naik Gaji: Anak Magang Bukan Buruh Gratis

  1. Oseanografi

Jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai macam aspek kelautan. Sebagai negara maritim terbesar di dunia, tentunya jurusan ini akan sangat laku di Indonesia, bahkan dunia. Untuk bayaran? Jangan ditanya, pasti besar karena masih sedikitnya orang yang terjun ke dunia ini.

Nantinya, kamu dapat bekerja sebagai oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, oceanographic surveyor, hingga peneliti di lembaga swasta maupun pemerintahan.

  1. Sastra Jawa

Dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari beragam hal tentang Jawa, mulai dari kebudayaan, pariwisata, jurnalistik, penyiaran, kesenian, bahkan kuliner khas Jawa. Cocok banget nih untuk kamu yang suka eksplor!

Lulusan jurusan ini nantinya bisa menjadi tour guide atau pemandu wisata. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konten kreator, ataupun masuk ke instansi pemerintahan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan