Wisata Religi Bandung: Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar

JABAR EKSPRES – Galeri Rasulullah di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung, merupakan sebuah fasilitas baru yang menyajikan beragam informasi seputar perkembangan agama Islam, termasuk di Jawa Barat. Galeri ini menampilkan diorama kehidupan sosial masyarakat di Timur Tengah pada masa penyiaran Islam dan memiliki 15 ruangan dengan tema yang berbeda, mulai dari pengenalan, bangsa Arab sebelum Islam, Islam periode Makkah, Islam periode Madinah, hingga masuknya Islam ke Jawa Barat.

Salah satu daya tarik galeri ini adalah teknologi canggih yang digunakan untuk menyajikan informasi kepada pengunjung. Layar dengan teknologi visual dan cahaya memungkinkan pelancong untuk mengakses beragam informasi dengan hanya satu kali tekan. Setiap ruangan memiliki penjelasan melalui cahaya visual dan deskripsi yang membantu memahami informasi yang diberikan.

BACA JUGA: Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar: Review Lengkap, Operasional, Tiket Masuk, dan Akses!

“Kami berharap dengan adanya Galeri Rasulullah ini dapat menjadi ruang edukasi bagi pengunjung. Sekitar 70 persennya disematkan teknologi canggih agar semakin menarik untuk dilihat dan dipelajari,” kata Edian Rudiana, Manajer Operasional Galeri Rasulullah Masjid Raya Al Jabbar.

Galeri ini juga menampilkan perabotan tiruan serta zirah perang yang digunakan pada masa Rasulullah SAW. dengan rapi. Tujuan utamanya adalah sebagai ruang edukasi bagi pengunjung untuk mempelajari sejarah dan perkembangan Islam di seluruh dunia.

Untuk mengunjungi Galeri Rasulullah, para pelancong dapat mendaftarkan diri melalui situs web resmi milik DKM Masjid Raya Al Jabbar. Pendaftaran dibuka setiap hari dengan kuota per hari sebanyak 120 orang, dan kunjungan saat ini masih gratis. Jadwal operasional galeri adalah setiap hari Rabu hingga Minggu, mulai pukul 13.00 hingga 17.00 WIB.

Penggunaan teknologi canggih, seperti interactive touch read, memungkinkan pengunjung untuk dengan mudah mengakses semua informasi yang ingin diketahui hanya dengan satu sentuhan, menambah daya tarik bagi galeri ini dan membuat antrean pelancong cukup banyak. (*)

BACA JUGA: The Lodge Woodland Maribaya, Sensasi Wisata Bak Cappadocia

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan