Peringati Tahun Baru Islam, Jatman Sumedang Akan Menggelar Haul Kasepuhan

Dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, Pengurus Idaroh Syu’biyah Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Almu’tabaroh Annahdliyyah (Jatman) Kabupaten Sumedang akan menyelenggarakan haul akbar Kasepuhan Sumedang. Rangkaian acara akan dilaksakana selama dua hari, Ahad-Senin (6-7/8) dan puncak acara insya Allah akan dihadiri oleh Rois Jatman Aliyah, Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

Ketua Jatman Sumedang, Kiai Asep Munawar, menyampaikan bahwa kegiatan haul Kasepuhan Sumedang ini akan diselenggarakan di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta. Rangkaian kegiatan akan dimulai pada Ahad pagi (6/8) dengan pembacaan simaan Al-Quran 30 Juz, serta sore harinya dilanjutkan dengan pembacaan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jiilani RA.

Puncak acara akan dilaksanakan pada Senin (7/8). Senin pagi diawali dengan acara haul, pembacaan tahlil untuk para kasepuhan di Sumedang yang akan di pimpmpin oleh Habib Tohir Madkhon. Dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Idaroh Syu’biyyah Jatman Sumedang, pengurus Idaroh Ghusniyyah Jatman se-Kabupaten Sumedang, dan pengurus Lajnah Wathonah Jatman Kabupaten Sumedang.

Senin setelah dhuhur, ada pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW yang akan dipandu oleh Grup Hadroh El-Syakh. Dilanjutkan dengan mauidoh hasanah dan bai’at thoriqoh yang akan dipimpin oleh Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Yahya.

“Ada banyak tokoh yang akan di hauli dalam kegiatan ini, jumlahnya hampir dua ratusan tokoh yang ada di Sumedang, dari mulai pahlawan nasional, raja-raja Sumedang, tokoh-tokoh pemuka agama, para ulama, dan tokoh masyarakat”, lanjut Kiai Asep.

Nama-nama kasepuhan Sumedang yang akan dihauli diantaranya, Pangeran Suria Atmaja, Pangeran Suria Kusumah Adinata, Prabu Geusan Ulun, Ratu Harisbaya, Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien, tokoh agama Kiai Muhammad Syatibi (Mama Syatibi), Kiai Ahmad Falah (Mama Falah), Kiai Ahmad Bisri, Kiai Mastur, Kiai Abdurrohim, Kiai Endang Bukhori, Kiai Raden Zainal Muttaqin, Kyai Muhammad Saefulloh, dan nama-nama tokoh lainnya .

Semoga kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah dan Haul Kasepuhan Sumedang ini berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah panitia agendakan, tutup Kiai Munawar. (Ayi Abdul Kohar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan