Keren! KBRI Manila Perkenalkan Tempe di Festival Makanan ASEAN 2023

JABAR EKSPRES – KBRI Manila memperkenalkan makanan tradisional tempe melalui Festival yang diselenggarakan dalam rangkaian acara ASEAN Food Festival (AFF) 2023 di SM Mall of Asia, Manila pada (6/8).

“KBRI sangat mendukung promosi tempe sebagai makanan super Indonesia di Filipina,” kata Duta Besar RI untuk Filipina Agus Widjojo dikutip dari Antara, Minggu (6/8)

Dubes Agus mengatakan pihaknya menyambut baik inisiatif penyelenggaraan acara yang bekerja sama dengan Yayasan Duta Indonesia Maju tersebut.

BACA JUGA : Diskusikan Pelaksanaan JETP, Luhut Lakukan Pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS di Washington

Agus mengatakan promosi tempe sebagai warisan budaya Indonesia yang dipadukan dengan promosi seni budaya sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Dengan tema “Tempe untuk Filipina untuk dunia”, Festival Tempe bertujuan untuk mempromosikan tempe sebagai bahan makanan bergizi dan sehat dari Indonesia yang dapat diolah menjadi berbagai macam masakan bagi masyarakat Filipina.

Booth KBRI menampilkan berbagai makanan berbahan dasar tempe, seperti tempe orek, tempe goreng, tempe balado, tempe goreng, tempe bawang, tempe bolognese, dan rendang tempe serta sambal nusantara yang dibagikan secara cuma-cuma kepada para tamu.

Ketua Ad Hoc Festival sekaligus pendiri komunitas pecinta makanan Indonesia, Mimis S Sasmoyo, menjelaskan beragam kandungan gizi dan manfaat tempe bagi kesehatan.

Sementara itu, chef Yudhi Harijono dan chef Eek Kie mendemonstrasikan cara mengolah tempe menjadi iced latte, yang merupakan menu pertama di dunia yang diluncurkan di acara tersebut.

BACA JUGA : 100 Orang Tewas dalam Bom Bunuh Diri di Masjid Kompleks Polisi, Peshawar, Pakistan

Selain memperkenalkan tempe, KBRI Manila juga memperkenalkan batik di ASEAN Food Festival.

KBRI juga mengajak para pengunjung untuk melihat dan mencoba berbagai macam baju batik khas Indonesia yang unik dan berwarna-warni. Pengunjung juga dikatakan berkumpul di stan batik setelah peragaan busana yang menampilkan kebaya dan pakaian kasual lainnya di panggung utama festival.

ASEAN Food Festival (AFF) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh ASEAN Women’s Organization (ALF) dalam rangka memperingati ASEAN Day 2023. Ketua DWP KBRI Manila, Ranny Widjojo, adalah presiden ALF saat ini. . Hadir dalam AFF adalah perwakilan dari 10 negara anggota ASEAN dan mitra dialog ASEAN, Korea.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan