Contoh Teks Pidato 17 Agustus Singkat Penuh Makna dengan Semangat Kemerdekaan, Cocok untuk Lomba

JABAR EKSPRES – Menjelang pesta perayaan kemerdekaan RI ke 78 pada tanggal 17 Agustus nanti, banyak sekolah yang menyelenggarakan berbagai lomba, salah satunya lomba pidato. Berikut contoh teks pidato 17 Agustus yang singkat namun penuh makna tentang nasionalisme, bisa digunakan sebagai inspirasi.

Untuk kamu yang akan mengikuti lomba pidato dalam rangka kemerdekaan RI ke 78 nanti, kamu bisa menggunakan contoh teks pidato dalam artikel ini sebagai pandauan tentang materi apa saja yang sebaiknya ada dalam sebuah pidato yang baik

Kamu bisa menyesuikan dengan keadaan terkini yang sedang terjadi, atau disesuaikan dengan kondisi di sekolahmu. Sehingga teks pidato yang nanti kamu buat akan lebih akurat dan memberikan kesan tersendiri bagi yang mendengarkannya.

Contoh pidato singkat yang ada dalam artikel ini berisi tentang makna perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kamu juga bisa membuatnya dengan gaya bahasamu sendiri, dimana sebaiknya harus bisa menumbuhkan semangat cinta tanah air, jiwa patriotisme dan nasionalisme.

Pidato yang baik juga harus menggunakan tata bahasa yang baik. Meski tidak menutup kemungkinan masih bisa memasukkan bahasa tidak baku, bahasa gaul atau bahasa asing kedalam teks pidato selama masih berkaitan dengan isi pidato dan tidak menggunakan bahasa yang kasar.

Pembawaan bahasa tubuh atau body language saat berpidato juga menentukan bagus tidaknya pidato yang dilakukan. Karena meski materi yang disampaikan bagus, bila kamu membawakannya dengan gugup atau tidak percaya diri, maka bisa berpengaruh pada sukses atau tidaknya pidato yang kamu lakukan.

Baca juga : Contoh Naskah Pidato Singkat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Gampang Dihafal

Berikut dua contoh teks pidato singkat tentang Hari Kemerdekaan RI yang penuh makna dan menggungah semangat nasionalisme.

Contoh teks pidato 1

Assalamualaikum Wr.Wb. Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.
Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah serta Bapak dan Ibu Guru
Dan juga teman-teman yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadiran Tuhan yang maha Esa. Saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa menyampaikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan