ASI Mendet? Coba Resep Herbal Ini Untuk ASI Booster!

Jabar Ekspres – Jika Anda sedang mencari cara bagaimana agar bisa memperlancar produksi ASI atau ASI Booster, Anda sangat cocok untuk membaca tips ini. Simak tipsnya sampai habis ya Bun!

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr (Cand.) dr. Inggrid Tania, MSi membagikan resep berbahan daun katuk, kelor ditambah kunyit, dan spirulina untuk membantu memperlancar produksi ASI.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Sakit Gigi Pada Gigi Berlubang

Dikutip dari Antara News, Sabtu (5/8), Dr. Inggrid Tania menyatakan bahwa bahan-bahan herbal ini, termasuk daun beluntas, daun pepaya, adas, klabet, habbatussauda, kunyit, dan temulawak, bermanfaat untuk meningkatkan kuantitas ASI dan kandungan nutrisinya dengan merangsang produksi ASI serta mengandung zat-zat bioaktif, seperti antioksidan, untuk meningkatkan kualitas ASI.

Bahan-Bahan:

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep ini antara lain:

  1. 500 – 600 ml air
  2. satu genggam daun katuk
  3. satu genggam daun kelor
  4. 20 gram kunyit iris-iris
  5. seperempat hingga setengah sendok teh spirulina
  6. satu siung bawang putih
  7. dua siung bawang merah, juga diiris-iris.

Cara Membuat:

Cara membuatnya adalah dengan mendidihkan air, kemudian memasukkan irisan bawang merah, bawang putih, dan kunyit. Setelah itu, masukkan daun katuk dan kelor segar.

Dr. Tania menyarankan untuk tidak menggunakan daun kelor yang sudah dipetik lebih dari enam jam karena daun ini mudah teroksidasi.

Selanjutnya, masak bahan-bahan yang dimasukkan tadi selama lima hingga 10 menit hingga sayuran melunak, lalu matikan api dan tambahkan spirulina serta garam, kemudian aduk rata.

BACA JUGA: Kenali Astigmatisma, Penyakit yang Diderita oleh Penulis Anime ‘One Piece’

Dr. Tania menyarankan untuk mengonsumsi resep ini setidaknya dua hingga tiga kali sehari dan menekankan pentingnya untuk habiskan air rebusan karena banyak nutrisi dan zat bioaktif terlarut dalam air tersebut.

Ibu menyusui membutuhkan asupan makanan bergizi seimbang dan kondisi fisik yang sehat agar kualitas dan kuantitas ASI mencukupi kebutuhan bayi mereka. Bahan-bahan herbal seperti yang disarankan oleh Dr. Tania dapat membantu memperlancar produksi ASI.

Selain resep herbal buatan sendiri, produk herbal atau jamu pelancar ASI (ASI Booster) yang tersedia di pasaran juga bisa digunakan, tetapi pastikan produk tersebut memiliki nomor izin edar Badan POM pada kemasan dan memastikan izin edarnya asli melalui laman resmi atau aplikasi Badan POM.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan