Antisipasi Stunting, Endang Thohri Galakkan Program Germas di Kota Bogor

JABAR EKSPRES – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Endang Setyawati Thohri kembali melakukan sosialisasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) kepada masyarakat Kota Bogor di wilayah Kecamatan Bogor Tengah pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Sosialisasi yang digelar dalam rangka penguatan imunisasi ini bekerjasama dengan Direktorat Pengelolaan Imunisasi Ditjen Pencegahan dan pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Diketahui selain digelar secara offline di auditorium Ir. Sadikin Suminta Wikarta, Jalan Perintis Kemerdekaan No 12, Kota Bogor, kegiatan tersebut juga digelar secara hybrid yang diikuti ratusan peserta.

BACA JUGA: Peran Generasi Muda Cegah Stunting Demi Capai Indonesia Emas 2045

Endang Setyawati Thohari menjelaskan, kegiatan Germas Imunisasi ini digelar untuk mengantisipasi stunting di Kota Bogor.

“Sebagian besar orang tua tidak terima jika anaknya dikategorikan sebagai stunting. Untuk itu hari ini kita sosialisasikan tentang kesehatan,” ungkapnya kepada awak media pada Jumat, 4 Agustus 2023.

Ia menyebut, berdasarkan data yang diterima tercatat angka stunting di Kota Bogor terbilang cukup tinggi.

Untuk itu, dirinya mengingatkan sekaligus mendorong kepada peserta sosialisasi yang mayoritas ibu-ibu agar menyediakan makan-makanan yang sehat. Dengan cara membiasakan untuk mengkonsumsi ikan, sayur dan buah buahan.

“Saya menggerakan dengan KWT (Kelompok Wanita Tani), karena Indonesia ini punya keanekaragaman hayati nomor 2 di Dunia,” paparnya.

BACA JUGA: Kunjungi Sumedang dan Hadirkan Duta Baca, Ridwan Kamil: Senang, Bisa Mengedukasi Warga Terkait Digitalisasi dan Kesehatan

Dengan KWT ini, lanjut dia, dirinya dapat menggerakan ekonomi lokal dari segmen pertaninan, kelautan dan perikanan termasuk lingkungan hidup dan kehutanan.

“Saya sebagai warga Bogor pun menggerakan, bagaimana supaya para Ibu Rumah Tangga bisa mengemas makanan sehat dengan cara mengembangkan KWT,” tukas Endang. (YUD)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan