Wacanakan Pembangun Jalan Layang di Summarecon sebagai Akses Pendukung KCJB, Begini Penjelasan DBMPR Jabar

JABAR EKSPRES – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) kini tengah mewacanakan pembangunan flyover atau jalan layang di kawasan Summarecon Kota Bandung. Alasan wacana tersebut diungkap oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruangan (DBMPR) Jabar, Bambang Tirtoyuliono.

Menurut keterangan Bambang Tirtoyuliono, alasan wacana tersebut yakni sebagai bentuk akses pendukung Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung (KCJB) dari wilayah Summarecon ke Stasiun Tegalluar.

“Tahun sekarang ini sedang dilakukan kajian, dam ideal nya apakah flyover atau underpas. Tapi tentunya, ini kita rencanakan untuk 2024 (pembagunannya), jadi kita mencoba mengusulkan untuk membuat desain dan juga anggarannya,” kata Abenk sapaan akrabnya saat dikonfirmasi JabarEkspres.com pada Kamis, 3 Agustus 2023.

BACA JUGA: Jadi Fasilitas Pendukung KCJB, Pemprov Jabar Rencana Bangun Fly Over di Summarecon

Selain dijadikan fasilitas pendukung KCJB, wacana pembangunan flyover tersebut juga nantinya dapat digunakan sebagai jalur alternatif masyarakat menuju Masjid Raya Al Jabbar.

Maka dari itu, Abenk mengungkapkan untuk jangka pendek dari wacana pembangunan tersebut, pihaknya akan terlebih dahulu membuat jembatan beli atau sementara sebagai akses penghubung.

“Jadi ini akan dibangun dulu jembatan beli (sementara) untuk bisa menjadi akses, sehingga ini bagaimana supaya terkoneksi dari Km 149 (Exit Tol Gedebage) dengan KCIC (tegalluar),” ungkapnya.

BACA JUGA: Ketentuan Baru untuk Dapatkan Tiket Gratis KCJB dan Jadwal Uji Coba Gratis Untuk Masyarakat

Sehingga dengan adanya rencana tersebut, Abenk menuturkan hal itu diharapkan dapat menjadi salah satu akses bahkan pengurai kemacetan.

“Jadi kita kolaborasi dengan Summarecon untuk bisa dimanfaatkan jalan punya Summarecon. Kemudian kemacetan yang dari arah kota, memang perlu adanya wacana untuk di bangun flyover atau apapun,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jawa Barat (Bappeda Jabar) Iendra Sofyan mengaku saat ini, Pemprov Jabar tengah melakukan beberapa persiapan dalam membangun fasilitas pendukung KCJB.

Bahkan salah satu langkah yang akan dilakukan, Iendra menyebut bahwa pihaknya telah mewacanakan pembangunan jalan layang atau flyover di Wilayah Summarecon Bandung sebagai jalur penghubung ke Stasiun Tegalluar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan