Krisis Air Bersih, Pemkab Bogor Salurkan 210.000 Liter untuk 7 Kecamatan

Jabarekspres.com, BOGOR– Memasuki musim kemarau, Kabupaten Bogor mulai dilanda kekeringan disejumlah wilayah yang mengakibatkan krisis air bersih.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) menyalurkan sebanyak 210.000 liter untuk tujuan wilayah kecamatan sejak bulan Juni 2023 lalu.

Tujuh Kecamatan tersebut di antaranya, Kecamatan Nanggung, Jasinga, Cijeruk, Cibungbulang, Jonggol, Cisarua dan Rancabungur

“Datanya dari bulan juni sudah ada, cuma ga terus-terusan. Sampai hari kemarin itu sudah 210.000 liter,”Plt Kasi Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Cecep Dais kepada media, Rabu (2/8).

BACA JUGA: Musim Kemarau, Kasus Kebakaran di Bandung Barat Meningkat, Damkar KBB Siagakan Ini!

Lebih lanjut, sambubg Cecep, Kabupaten Bogor belum memasuki tahap darurat bencana kekeringan. Namun, pihaknya tetap mengantisipasi dengan menyalurkan air bersih ke setiap wilayah yang membutuhkan.

“Sebenarnya saat ini masih situasional, kita menanganinya jika ada permintaan saja. Jadi saat ini belum ada kondisi darurat bencana kekeringan,” paparnya.

Kendati demikian, BPBD Kabupaten Bogor menerima banyak permintaan air bersih. Per hari ini, lanjut dia, pihaknya akan mengirimkan air bersih di tiga Kecamatan diantaranya adalah, Kecamatan Rancabungur, Cisarua dan, Kecamatan Nanggung.

“Memang untuk beberapa hari ini agak meningkat permintaannya karena sekarang juga sudah memasuki musim kemarau juga. Untuk hari ini kita penyalurannya di tiga Kecamatan. permintaan air bersih yang paling banyak ini terdapat di wilayah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor,” pungkasnya (SFR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan