Penyesuaian Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Seluruh Indonesia Per 1 Agustus 2023

JABAR EKSPRES – PT Pertamina (Persero) mengumumkan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Per 1 Agustus 2023 di seluruh Indonesia. Meskipun beberapa jenis BBM mengalami kenaikan harga, langkah ini di ambil guna menjaga keberlanjutan sektor energi dan mendukung kualitas produk yang setara.

Salah satu perubahan harga yang terjadi adalah pada BBM Per 1 Agustus 2023 jenis Dexlite yang sebelumnya di jual seharga Rp 13.150 per liter dan kini di jual seharga Rp 13.950 per liter. Selain itu, harga Pertamax Turbo juga mengalami kenaikan dari Rp 14.000 per liter menjadi Rp 14.400 per liter.

Namun, Irto Ginting, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, memastikan bahwa penyesuaian harga BBM Per 1 Agustus 2023 ini di lakukan secara periodik sesuai dengan Kepmen ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi JBU atau BBM non-subsidi. Ia juga menegaskan bahwa harga BBM terbaru tetap bersaing dan kompetitif untuk produk dengan kualitas setara.

Penyesuaian harga BBM ini tentu saja mempengaruhi keseharian masyarakat, terutama para pengguna kendaraan bermotor. Selain itu, sektor bisnis dan perekonomian nasional juga ikut terdampak oleh perubahan ini. Kenaikan harga BBM dapat berdampak pada harga-harga barang dan jasa lainnya, sehingga perlu di antisipasi dengan bijaksana.

Baca juga : Peresmian Sodetan Ciliwung, Solusi Terbaru untuk Atasi Banjir di Jakarta

Pemerintah dan pihak terkait perlu mengkomunikasikan informasi mengenai penyesuaian harga BBM ini secara efektif dan tepat sasaran, agar masyarakat dapat memahami dan menghadapinya dengan baik. Selain itu, di harapkan adanya upaya untuk mencari alternatif energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan, guna mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Dalam menghadapi perubahan harga BBM, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam mengoptimalkan penggunaan BBM dan mencari solusi hemat bahan bakar. Penggunaan transportasi umum atau berbagi kendaraan dengan sesama dapat menjadi langkah-langkah kecil namun berarti dalam menjaga keseimbangan antara kenyamanan berkendara dan kesadaran lingkungan.

Semoga, dengan langkah-langkah yang tepat dan kerjasama yang baik antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat, perubahan harga BBM ini dapat dihadapi dengan bijaksana dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak. Mari kita dukung bersama upaya menuju masa depan energi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan