3 Peristiwa Hebat dalam Satu Hari: Supermoon, Hari Kanker Paru-paru Sedunia dan National Girlfriend Day 1 Agustus 2023

JABAR EKSPRES – Hari ini tanggal 1 Agustus 2023 bakal ada beberapa peristiwa seru yang layak banget kalian tahu. Gue kasih rangkuman jadwalnya nih:

1. Hari Kanker Paru-paru Sedunia

Pertama, kita punya Hari Kanker Paru-paru Sedunia. Nah, tanggal 1 Agustus itu adalah hari yang diperingati buat ngenalin bahaya kanker paru-paru ke masyarakat.

Di hari itu juga, kita pada diingetin tentang penyebab kanker paru-paru, seperti merokok dan paparan asbes, gitu. Jadi, jangan remehin penyakit ini, ya! Kita semua mesti jadi lebih aware dan dukung penelitian kanker paru-paru.

2. National Girlfriend Day

Trus, buat kalian yang di Amerika atau negara lain, tanggal 1 Agustus juga dirayain sebagai National Girlfriend Day. Tapi ini bukan hari untuk cowok ngerayain pacarnya, loh.

Nah, perayaan ini sebenernya bentuk dukungan antar-cewek. Jadi, sahabat perempuan saling mengucapkan terima kasih satu sama lain. Asik kan?

Baca Juga: 7 Daftar Film Keren Indonesia yang Pernah Ikut Piala Oscar

Dulu, National Girlfriend Day pertama kali diresmikan tahun 2004 sama orang yang misterius bernama Susan. Dia punya situs web buat ngajak cewe-cewe berterima kasih satu sama lain. Mantap!

3. Supermoon

Terakhir, ada fenomena keren namanya “Supermoon” yang bakal muncul di Indonesia tanggal 1 Agustus. Kalian pasti penasaran kan?

Jadi, Supermoon itu waktu bulan purnama yang lebih besar dan terang dari biasanya. Jadi, langit malam bakal makin cemerlang dan romantis, nih.

Mau liat Supermoon ini, gak perlu pakai alat bantu kok. Cukup matiin lampu, keluar, dan pandangi langit. Tapi ya pastinya kalo cuacanya cerah, baru bisa nikmatin purnama ini sepanjang malam.

Nah, menurut si Clara Yono Yatini, peneliti astronomi dan astrofisika dari BRIN, gak usah khawatir sama cahaya bulan yang bisa membahayakan. Gak bakal bahaya kok.

Tapi ada satu efek yang mungkin akan terjadi, yakni perubahan pasang surut air laut di Indonesia. Jadi, para nelayan harus tetap waspada, ya!

Jadi, itu dia rangkuman seru tentang peristiwa-peristiwa yang bakal kejadian tanggal 1 Agustus 2023. Jangan sampai ketinggalan momen-momen penting dan asyik ini, guys

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan