Kebakaran Hutan di Kanada Membuat Warga Dipaksa Mengungsi

JABAR EKSPRES – Kota Osoyoos dan sekitarnya di provinsi British Columbia, Kanada, menghadapi situasi genting akibat kebakaran hutan yang tak terkendali. Pada Sabtu malam, perintah evakuasi besar-besaran diberlakukan oleh pihak berwenang setempat. Kebakaran yang telah menyeberang perbatasan Amerika Serikat di negara bagian Washington menjadi penyebabnya.

Melansir dari laporan Reuters, British Columbia Wildfire Service melaporkan bahwa kebakaran hutan yang dikenal sebagai Eagle Bluff terjadi sekitar 4 km dari kota Osoyoos. Hingga saat ini, kebakaran telah menyebar seluas 885 hektar di wilayah perbatasan Kanada.

“Perintah evakuasi mencakup wilayah utara perbatasan Kanada-AS hingga persimpangan Highway 97 dan Highway 3, serta barat dan utara sepanjang Highway 3,” demikian disampaikan media pada hari Senin (31/7/2023).

Baca Juga: Denmark Mencari Cara untuk Menghentikan Aksi Pembakaran Al-Qur’an Seraya Tetap Menegakkan Kebebasan Berekspresi

Untuk mengatasi situasi ini, tim evakuasi yang terdiri dari helikopter, personel perlindungan, dan alat berat dikerahkan untuk mengamankan wilayah tersebut. Petugas informasi setempat menyatakan dalam jumpa pers pada hari Minggu bahwa meskipun upaya evakuasi sedang berlangsung, situasi belum banyak berubah.

“Sebanyak 732 properti berada di bawah perintah evakuasi dan 2.094 di bawah peringatan evakuasi. Seratus tiga puluh dua orang telah meminta bantuan darurat,” ungkapnya.

Kebakaran hutan ini sebenarnya telah mewabah di Kanada sejak bulan Juni. Pada bulan lalu, Deutche Well (DW) melaporkan bahwa ada 160 kebakaran hutan di seluruh negara, dengan 110 di antaranya belum berhasil dikendalikan.

Baca Juga: Ledakan di Pakistan Ternyata Merupakan Bom Bunuh Diri, Berikut Beberapa Fakta dan Kronologinya

Kasus kebakaran yang terjadi di Quebec, di bagian timur Kanada, menjadi fokus perhatian. Menteri Keamanan Publik Quebec, Francois Bonnardel, menyatakan bahwa sebagian besar kebakaran tersebut dipicu oleh kelalaian manusia.

Asap dari kebakaran hutan juga menimbulkan kabut asap yang tebal, mencapai New York dan beberapa kota lain di AS. Asap tersebut telah menyebar ratusan kilometer, mencapai Kota New York dan New England, AS, seperti dilaporkan oleh media yang sama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan