Mitos atau Fakta Minum Es Teh setelah Makan Bakso Bisa Berbahaya

JABAR EKSPRES – Ramai saat ini topik pembicaraan di media social mengenai bahaya minum es teh setelah makan bakso.

Hal ini di sebutkan bahwa es teh mengandung senyawa yang dapat menghambat penyerapan nutrisi dalam bakso. Terutama karena adanya senyawa tanin yang dapat mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam makanan.

Meskipun beberapa penelitian menemukan bahwa teh memiliki dampak positif bagi kesehatan pencernaan dan mengandung antioksidan yang mencegah komplikasi dalam sistem pencernaan.

Baca juga : 10 Tips Agar Tidak Gugup saat Ngobrol dengan Crush

Penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa fenolik dan tanin di dalam teh dapat mengganggu penyerapan zat besi. Terutama dari makanan yang kaya zat besi seperti bakso.

Sebuah studi yang di publikasikan dalam jurnal Current Developments in Nutrition pada tahun 2017 menemukan bahwa tanin dapat membentuk kompleks antinutritional-mineral yang tidak larut, mengurangi kandungan zat besi dalam makanan dan membuatnya sulit di serap oleh tubuh.

Padahal, zat besi sendiri sangat penting bagi tubuh karena berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Namun, perlu di catat bahwa kebiasaan minum teh setelah makan tidak berbahaya bagi semua orang.

Kebiasaan ini dapat menjadi masalah bagi mereka yang mengalami defisiensi zat besi, karena dapat memperburuk kondisi mereka.

Jadi, bagi mereka yang memiliki defisiensi zat besi, di sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum minum teh setelah makan.

Selain itu, ada juga penemuan bahwa meminum teh selama atau setelah makan dapat menurunkan kadar katekin. Yang merupakan senyawa pemberi rasa pahit dalam teh dan memiliki peran penting untuk kesehatan karena memiliki sifat antioksidan yang kuat.

Selain itu, dapat membantu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kronis.

Jadi, minum es teh setelah makan bakso memang menimbulkan pertanyaan mengenai potensi gangguan penyerapan nutrisi, terutama zat besi.

Baca juga : Mengapa Jangan Minum Es Teh Setelah Makan Bakso?

Namun, perlu diingat bahwa dampaknya dapat berbeda tergantung pada kondisi kesehatan individu.

Jika Anda memiliki defisiensi zat besi, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk memahami lebih lanjut tentang dampak minum teh setelah makan bagi kesehatan Anda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan