Kemendikbudristek Gandeng Danone Wujudkan Sekolah Sehat, SDN Bangka 3 Kota Bogor jadi Percontohan

JABAR EKSPRES – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Danone Indonesia untuk memasifkan Kampanye Sekolah Sehat.

Kolaborasi itu, diwujudkan melalui Program Percontohan Sekolah Sehat Generasi Maju. Sedikitnya ada 50 sekolah negeri yang jadi sasaran di Jawa Barat, salah satunya SDN Bangka 3 Kota Bogor.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek, Iwan Syahril memaparkan, kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan untuk sekolah merupakan hal yang menunjang proses pembelajaran yang berkualitas.

“Terutama pascapandemi Covid-19. Jadi tentunya pola hidup bersih dan sehat itu menjadi penekanan dalam kampanye sekolah sehat. Ada 50 sekolah yang akan menjadi sasaran dari program ini di Jawa Barat. Bogor menjadi salah satunya,” ungkapnya di SDN Bangka 3 Kota Bogor pada Senin, 31 Juli 2023.

BACA JUGA: Gebyar Pendidikan, Kolaborasi Membangun Pendidikan Berkualitas!

Ia menjelaskan, puluhan sekolah yang terpilih menjadi percontohan itu akan mendapatkan intervensi khusus selama sembilan bulan ke depan.

Dalam kesempatan itu, masing-masing sekolah akan digembleng memperkuat sebuah sebuah lingkungan yang edukatif, untuk pembiasaan pola hidup bersih dan sehat.

Iwan menyampaikan bahwa implementasi Kampanye Sekolah Sehat merupakan langkah awal yang penting untuk mewujudkan sekolah yang nyaman dan sehat untuk semua anak.

“Dengan dimulainya program percontohan ini, menjadi sebuah langkah bersama untuk saling mendukung anak Indonesia baik dari sisi kesehatan, kecukupan gizi, dan kebersihan dalam mewujudkan Sekolah Sehat agar mereka bisa belajar dengan optimal di sekolah. Inisiatif Danone Indonesia dalam kemitraan ini juga merupakan salah satu contoh praktik baik yang dapat dilakukan,” tuturnya.

Pihaknya berharap, atas kerja sama tersebut bisa memantik inspirasi agar pihak lain bisa bersinergi dan bergotong royong demi transformasi pendidikan, khususnya dalam gerakan sekolah sehat.

“Ini merupakan kepentingan kita bersama, upaya kita bersama sebagai upaya membentuk sumber daya manusia masa depan Indonesia yang sehat, cerdas, berkarakter,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menambahkan, pihaknya bersama pemerintah pusat, daerah, dan para akademisi menyasar untuk bisa menjadikan sekolah sehat secara fisik, gizi, dan imunisasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan