Ini Bahayanya Minum Es Teh Setelah Makan Bakso, Jangan Lagi Diulangi

JABAR EKSPRES – Viral di media sosial tentang unggahan yang mengajak netizen untuk tidak minum es teh atau teh panas setelah makan bakso. Hal ini ternyata langsung mendapat perhatian serius dari warganet, lantaran sudah banyak yang melakukan hal tersebut bahkan menjadi kebiasaan.

Banyak kedai atau warung bakso yang memang sengaja menyediakan air teh tawar hangat sebagai setelah makan bakso. Karenanya begitu imbauan ini muncul, banyak yang merasa khawatir akan kondisi tubuhnya karena sudah terlanjur melakukan kebiasaan buruk itu selama ini.

Banyak yang mencari tahu apa bahayanya minum es teh setelah makan bakso, karena kedua hidangan tersebut dinilai sangat cocok. Disaat makan baso yang panas dan pedas kemudian rasa panas didalam mulut tersebut akan langsung dingin setelah minum esteh apalagi yang manis.

Hal ini sudah menjadi kebiasaan banyak orang, sehingga biasanya setiap warung bakaso selalu menyiapkan minuman es teh dalam botol disamping gerobak baksonya.

Baca juga :  Mitos atau Fakta Minum Es Teh Setelah Makan Bakso Bikin Anemia?

Dari penjelasan seorang Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Ira Purnamasari diketahui ternyata dampak atau bahaya kebiasaan minum teh setelah makan bakso berotensi mengalami beberapa penyakit berikut ini :

1. Anemia

Kandungan Tanin dalam teh akan mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh, dimana zat besi dibutuhkan oleh tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Sel darah merah ini terdapat hemoglobin yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

“Jadi secara otomatis jika kita mengkonsumsi teh secara berlebihan maka akan mengakibatkan anemia yang lebih dikenal penyakit kurang darah, dengan munculnya gejala seperti 5 L (lesu, lelah, letih, lemah, lalai),” jelas Ira.

2. Gangguan pencernaan.

Teh ternyata juga mengandung kafein, yang dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan hingga muncul gejala mual, nyeri ulu hati, dan diare. Apalagi bila dipadukan dengan makanan pedas seperti bakso.

Baca juga : Bolehkah Minum Es Teh setelah Makan Bakso? Simak Penjelasannya di Sini!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan