Filosofi Logo HUT RI ke-78 dan Ketentuan Wajib Penggunaannya

JABAR EKSPRES – Memasuki bulan Agustus masyarakat Indonesia akan menyambutnya dengan riang gembira, karena pada bulan Agustus ada peringatan bersejarah bagi Negara Indonesia, yakni HUT Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus nanti. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg RI) merilis logo untuk HUT RI ke-78.

Logo HUT RI ke-78 ini memiliki filosofi yang luar biasa, hal ini sesuai dengan peringatan kemerdekaan RI yang akan memberikan semangat bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merayakannya.

Biasanya perayaan HUT RI ini akan diperingati dari pusat hingga ke daerah-daerah hal ini untuk memberikan penghormatan untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Bahkan di masyarakat akan ada banyak perlombaan khas agustusan yang diikuti mulai dari anak-anak, ibu-ibu hingga bapak-bapak.

Baca juga : Sambut Hut RI, Kampung Karuhun Sediakan Tiket Gratis untuk yang Bernama Agus

 

Makna dan filosofi dari logo HUT RI kali ini

Dilansir dari laman Mensesneg RI, Logo HUT RI ke 78 ini memiliki filosofi yang tidak lepas dari makna di balik setiap elemen yang ada didalamnya.

1. Garis Padat Horizontal

Garis padat horizontal melambangkan tongkat estafet yang berarti “teruskan”. Makna yang dimiliki yakni setiap elemen bangsa perlu bekerja kolektif dan bergotong royong demi menuju Indonesia maju.

2. Angka 7

Angka 7 berbentuk panah mengarah ke atas memiliki makna untuk terus bergerak maju dengan progresif menuju Indonesia Maju.

3. Lima Garis Melengkung

Lima garis melengkung yang ada pada angka 8 adalah simbol Pancasila dengan lima sila sebagai landasan dalam proses maju.

4. Perpaduan Garis Padat dan Lima Garis Melengkung

Perpaduan garis padat dan lima garis melengkung mengisyaratkan tentang tanggung jawab bersama.

Baca juga : Pra Pelatihan Paskibraka Surabaya! Persiapan HUT RI ke-78

5. Angka 8 yang Tersusun atas Garis Tak Terputus

Garis-garis yang tak terputus menyimbolkan keberlanjutan progres pembangunan dan tidak pernah berhenti. Setiap elemen bangsa dilibatkan dalam membangun negara agar tercipta keadilan dan kemakmuran, gotong-royong menuju Indonesia Maju.

6. Bentuk Bulat pada Angka 8

Bentuk bulat pada angka 8 menandakan globe alias globalisasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan