Jangan Remehkan Orang dengan IQ Rendah, Ternyata Dia Punya Kelebihan Lain yang Tak Terduga

JABAR EKSPRES – Tidak dipungkiri IQ atau Intelligence Quotient merupakan salah satu ukuran dalam menghitung tingkat kecerdasan kognitif seseorang. Meski begitu, orang yang memiliki IQ rendah tidak bisa diremehkan karena ternyata juga memiliki kelebihan lain yang pasti tidak akan pernah kamu duga.

Potensi atau kelebihan yang dimiliki orang dengan IQ rendah ternyata juga sangat layak untuk diapresiasi, bahkan bisa menjadi salah satu langkahnya menuju sukses.

Apalagi bila orang dengan IQ rendah tersebut menyadari potensi yang dimilikinya, dan bisa mengembangkan kelebihannya menjadi aset penting untuk meningkatkan personal value, maka pintu kesuksesan bisa diraihnya tanpa terhalang masalah IQ lagi.

Makanya tidak heran bila seseorang yang saat kuliah atau sekolah memiliki nilai akademis tinggi karena IQnya tinggi, kadang justru kalah sukses dimasa depannya dengan seseorang yang saat sekolahnya hanya memiliki nilai akademis yang biasa saja.

Baca juga :  Seperti HP, Ternyata Kemampuan Memori Manusia juga Bisa Ditingkatkan Meskipun Ber-IQ Rendah, Begini Caranya

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk selalu melihat seseorang hanya dari selembar kertas hasil nilai akademis saja, namun perlu juga melihat sisilain misalnya kepribadia, semangat, kerja keras, tanggungjawab dan sebagainya.

Berikut beberapa kelebihan dan potensi yang dimiliki oleh orang-orang berIQ rendah:

1. Keterampilan Praktis

Orang dengan IQ rendah sering memiliki keterampilan praktis yang luar biasa. Mereka mungkin lebih terampil dalam keterampilan fisik, seperti kerajinan tangan, kerajinan, atau olahraga, yang dapat memberikan kontribusi positif dalam kehidupan sehari-hari.

2. Empati dan Keterampilan Sosial

Beberapa orang dengan IQ rendah memiliki kemampuan empati yang tinggi dan keterampilan sosial yang baik. Mereka dapat merasa dan memahami perasaan orang lain dengan lebih mendalam, dan memiliki kemampuan untuk membantu dan mendukung orang lain dalam waktu sulit.

3. Ketekunan

Orang dengan IQ rendah sering kali memiliki tingkat ketekunan yang tinggi. Mereka mungkin memiliki kegigihan dan kerja keras untuk mencapai tujuan mereka, meskipun mungkin menghadapi kesulitan belajar atau menguasai keterampilan baru.

4. Intuisi dan Kreativitas

Meskipun angka IQ mereka rendah, beberapa orang memiliki intuisi yang tajam dan kemampuan berpikir kreatif. Mereka dapat memberikan perspektif unik dan solusi yang tidak terpikirkan oleh orang lain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan