Metode Menghilangkan Sifat Manja pada Anak, Terbukti Efektif dan Jadi Lebih Mandiri

JABAR EKSPRES – Memiliki anak yang mandiri dan bisa melakukan semua aktifitasnya tanpa minta bantuan orang lain, tentu menjadi tujuan dari pengasuhan setiap orang tua. Namun ternyata masih banyak anak yang memiliki sifat manja dan tergantung pada orang tuanya, berikut beberapa metode untuk menghilangkan sifat manja anak agar menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Sifat manja merupakan perilaku anak yang sering meminta perhatian berlebihan dan mengharapkan orang lain untuk melakukan segala sesuatu untuknya. Hal ini tidak seharusnya terjadi pada pola pengasuhan modern, karenanya butuh metode khusus untuk menghilangkan sifat manja tersebut.

Sifat manja pada anak bisa menjadi masalah jika dibiarkan berlarut-larut, karena dapat menghambat perkembangan kemandirian dan rasa tanggung jawab pada mereka. Bahkan bisa terbawa hingga dewasa dan justru akan menyusahkan bagi dirinya sendiri.

Baca juga : Link Tes Ujian MANJA, Cari Tahu Apa Kamu Sosok yang Manja atau Mandiri

Untuk membantu mengatasi dan menghilangkan sifat manja pada anak, ada beberapa metode yang terbukti efektif yang bisa diterapkan oleh orangtua atau pengasuh.

Ada tujuh metode yang terbukti ampuh dalam mengatasi sifat manja pada anak.

1. Berikan Contoh Perilaku Positif

Sebagai orangtua atau pengasuh, menjadi contoh yang baik adalah hal penting dalam mendidik anak. Tunjukkan perilaku mandiri dan tanggung jawab dalam keseharian Anda.

Anak cenderung meniru apa yang dilihat dari orang yang mereka kagumi. Dengan memberikan contoh perilaku positif, mereka akan terinspirasi untuk menjadi lebih mandiri dan tidak manja.

2. Berikan Tanggung Jawab Sesuai Usia

Memberikan tanggung jawab sesuai usia adalah cara efektif untuk membantu anak mengembangkan kemandirian. Berikan tugas-tugas ringan yang sesuai dengan usia dan kemampuan mereka. Hal ini akan membantu mereka merasa dihargai dan merasa bertanggung jawab atas sesuatu.

Baca juga :  Trik Membuat Sound of Text WA jadi Suara Manja dan Lucu, Dijamin Seru Antiborring

3. Berikan Pujian dan Penghargaan

Ketika anak berhasil melakukan sesuatu tanpa meminta bantuan secara berlebihan, berikan pujian dan penghargaan. Penguatan positif akan meningkatkan motivasi anak untuk lebih mandiri dan tidak terlalu manja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan