Festival Merah Putih di Kota Bogor Kembali Digelar Sebulan Penuh di Agustus 2023

JABAR EKSPRES – Festival Merah Putih (FMP) akan kembali mewarnai Kota Bogor di Agustus 2023 mendatang. Rangkaian kegiatan untuk memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini diselenggarakan selama sebulan penuh pada 1-31 Agustus 2023.

Kegiatan yang ada sejak 2016 silam itu diinisiasi para tokoh masyarakat Bogor yang peduli dengan penguatan rasa nasionalisme dengan melibatkan berbagai komunitas, organisasi keagamaan, pendidikan, kemasyarakatan, TNI/Polri, serta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Inisiator kegiatan ini adalah warga Bogor yang beragam yang tergabung pada forum Bobats (Bogor Sahabats). Pelaksananya juga warga Bogor yang sangat plural, dan ini menjadi bentuk kecintaan pada tanah air yang semuanya diwujudkan melalui gotong-royong dalam keberagaman kita semua,” kata Ketua Panitia Festival Merah Putih 2023, Benyamin Mbo’oh.

BACA JUGA: Ikuti Jambore Dunia, Kontingen Pramuka Kota Bogor Terbang ke Korsel

Pembukaan FMP 2023 ini, sambung dia, akan dilaksanakan di Mapolresta Bogor Kota pada Senin, 31 Juli 2023 mendatang yang diikuti tokoh lintas agama dan suku, lintas profesi, serta lintas usia.

Ben -sapaanya- memaparkan, kegiatan FMP identik dengan pelaksanaan Kirab Merah Putih dengan membentangkan dan mengarak kain merah putih sepanjang 100 meter yang di ikuti ribuan masyarakat.

Prosesi Kirab Merah Putih tahun ini, rencananya akan dimulai dari Balai Kota Bogor melewati Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Suryakencana dan finish di Lawang Gintung, Kecamatan Bogor Selatan.

“Kirab Merah Putih akan dilangsungkan pada 13 Agustus 2023. Kirab ini akan menjadi bentuk ekspresi kegembiraan dan kebanggaan pada lambang Negara KesatuanRepublik Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, lanjut Ben, pada 17 Agustus 2023, akan diadakan doa bersama untuk persatuan, kesejahteraan dan keselamatan bangsa. Kegiatan Doa Bersama ini akan diikuti masyarakat bersama unsur Forkompimda Kota Bogor serta dipandu oleh pemuka enam agama.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan memeriahkan Kota Bogor dengan beragam ornamen bernuansa merah putih. Ribuan umbul-umbul merah putih akan dipasang sepanjang jalur utama Kota Bogor.

BACA JUGA: Protes PPDB Zonasi, Ratusan Emak-Emak Berseragam Sekolah Demo Bawa Panci di SMA Negeri 3 Kota Bogor

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan