Cara Redakan Batuk dengan Cara Tradisional

JABAR EKSPRES- Pengobatan yang paling efektif untuk batuk akan tergantung pada penyebab batuk itu sendiri, seperti alergi, infeksi, atau refluks asam.

Ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan batuk, seperti madu dan kumur dengan air asin.

Namun, jika gejala batuk tidak kunjung sembuh dan semakin parah, sebaiknya pergi menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: Jika Anak Deman Atau Batuk Pilek, Jangan Panik!

Medical News Today telah merekomendasikan beberapa langkah pengobatan alami yang dapat membantu meredakan batuk, yaitu:

-Madu: Penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meredakan batuk, terutama pada infeksi saluran pernapasan atas. Madu lebih efektif daripada perawatan biasa dan dapat membantu mencegah kebutuhan akan antibiotik. Madu dapat dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke dalam minuman panas, seperti teh herbal.

-Jahe: Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat meredakan batuk kering atau asma. Penelitian menunjukkan bahwa jahe telah digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk waktu yang lama. Namun, dalam beberapa kasus, konsumsi teh jahe bisa menyebabkan sakit perut atau mulas.

-Cairan Panas: Minum cairan hangat dapat meredakan batuk, pilek, dan bersin. Minuman panas juga dapat meringankan gejala seperti sakit tenggorokan, menggigil, dan kelelahan.

-Uap: Uap dapat membantu meredakan batuk basah yang menghasilkan lendir atau dahak. Mandi air panas atau berendam dengan uap dapat membantu meredakan gejala.

BACA JUGA: Teknik Memijat Atasi Batuk Pilek Pada Bayi

-Akar Marshmallow: Akar marshmallow memiliki kandungan lendir yang tinggi, sehingga dapat meredakan iritasi akibat batuk. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak akar marshmallow memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

-Kumur Air Asin: Obat kumur air asin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan gejala flu biasa. Namun, kemungkinan tidak akan membantu mengurangi viral load. Jadi, tidak efektif untuk mengatasi COVID-19.

Perubahan Pola Makan untuk Refluks Asam: Menghindari makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung dapat membantu mengatasi batuk akibat refluks asam. Beberapa makanan yang harus dihindari antara lain alcohol, kafein, cokelat, makanan jeruk, makanan berlemak, bawang putih, bawang merah, daun mint, rempah-rempah, makanan pedas, dan tomat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan