5 Vitamin Penurun Gula Darah yang Wajib Dicoba! Apa Saja?

JABAR EKSPRES – Wah, tahu gak, sih? Gula darah yang melambung tinggi itu berbahaya banget buat kesehatan kita secara keseluruhan dan ternyata ada vitamin penurun gula darah.

Makanya, gak bisa dipandang sebelah mata, kita harus bener-bener jaga dan atur gula darah kita.

Nah, ada vitamin yang bisa bantu menurunkan gula darah. Penasaran, kan? Yuk, langsung aja kita cek apa saja sih vitamin dan suplemen yang bisa menurunkan gula darah di artikel ini.

Vitamin D

Tau gak, sih? Kekurangan vitamin D bisa bikin kita berisiko kena diabetes tipe 2 loh!

Vitamin D ini punya peran penting, lho, bisa ngebantu meningkatkan fungsi sel pankreas yang bikin insulin dan bikin tubuh lebih peka terhadap insulin.

BACA JUGA: 3 Rebusan Daun untuk Menurunkan Darah Tinggi, Sudah Coba?

Nah, ada penelitian nih, katanya 72 persen peserta diabetes tipe 2 punya kekurangan vitamin D. Tapi tenang, gak usah panik!

Coba deh konsumsi suplemen vitamin D sekitar 4.500-IU setiap hari, maka gula darah dan A1C bakal jadi lebih terkendali. Seru kan?

Kayu Manis

Nih, suplemen kayu manis, sejuk abis! Beneran, banyak penelitian bilang, kayu manis ini bener-bener manis, bisa menurunkan gula darah dan bikin diabetes lebih terkontrol.

Asyik banget, kan? Jadi, kayu manis ini bisa bikin sel-sel tubuh lebih peka terhadap insulin. Akibatnya, gula masuk ke sel dan gula darah jadi turun dong!

Probiotik

Nah, probiotik ini juga nggak mau kalah serunya. Probiotik mengandung bakteri-bakteri keren yang bisa bikin kita sehat.

Penelitian pada hewan aja udah nunjukin, probiotik bisa nolongin turunkan gula darah dengan cara ngurangin peradangan dan jaga sel pankreas agar tetap prima ngeracik insulin. Keren abis!

Magnesium

Jangan anggap remeh nih, magnesium. Kekurangan magnesium seringkali dialami oleh penderita diabetes tipe 2 yang gula darahnya belum terkontrol.

Makanya, konsumsi magnesium, ya! Magnesium ini berperan penting dalam sekresi insulin dan ngebuat insulin lebih oke di seluruh tubuh. Hebat, kan?

Kromium

Nggak boleh kekurangan kromium, ya! Kekurangan kromium bisa ngefek buruk buat tubuh kita, bikin karbohidrat gak bisa diubah jadi gula, jadi energi, dan bikin kita butuh lebih banyak insulin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan