Sempat Terhambat, Tim SAR Gabungan Kembali Upayakan Evakuasi 8 Penambang Emas di Banyumas Hari Ini

JABAR EKSPRES – Penambang emas di Kawasan Pertambangan Emas Rakyat Desa Pancurendang, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terjebak. Hal tersebut terjadi pada Selasa, 25 Juli 2023 pukul 23.00 WIB.

Upaya penyelamatan penambang emas di Banyumas yang terjemak pun dilakukab oleh Tim SAR Gabungan. Dalam operasi SAR 8 orang penambang emas di Banyumas, Tim SAR Gabungan pada hari pertama telah melakukan koordinasi dengan unsur terkait yang berada dilapangan. Selain itu, mereka juga melaksanakan assessment, serta berusaha untuk melakukan penyedotan air yang menggenangi area lubang tambang.

Namun TIM SAR Gabungan hingga pukul 17.00 WIB melaporkan bahwa proses evakuasi penambang emas belum dapat dilaksanakan. Pasalnya, debit air yang menggenangi area lubang tambang di Kawasan Pertambangan Emas Rakyat Desa Pancurendang, Banyumas masih tinggi.

BACA JUGA: Bejad, Pria di Banyumas Hamili Anak Sendiri Hingga Melahirkan 7 Kali, Kerangka Bayi Ditemukan di Tanah Kosong

Tidak hanya itu, permukaan tambang yang sempit juga menyulitkan rescuer atau Tim SAR Gabungan dalam melaksanakan evakuasi terhadap 8 orang penambang tersebut.

Dikutip JabarEkspres.com dari keterangan resmi pada 27 Juli 2023, proses evakuasi dihentikan sementara, dan akan dilanjutkan pada Kamis, 27 juli 2023 pukul 07.00 WIB dengan rencana operasi apabila debit air belum juga surut, maka Tim SAR Gabungan akan memaksimalkan penyedotan air menggunakan alat mesin dan pembendungan sungai yang di mungkinkan air meresap sehingga masuk ke lokasi lubang galian.

BACA JUGA: Ledakan di Banyumas Tewaskan Satu Orang, Polisi Temukan Bahan Peledak

Diberitakan sebelumnya, pada Selasa, 25 Juli 2023 pukul 23.00 WIB, setidaknya ada sebanyak 8 orang penambang emas terjebak di lubang galian tambang akibat datangnya air secara tiba-tiba dan menggenangi area pertambangan di Kawasan Pertambangan Emas Rakyat Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas tersebut.

Kabar terjebaknya penambang emas di Kawasan Pertambangan Emas Rakyat Desa Pancurendang sontak mengejutkan publik terutama warga Banyumas. Mereka berharap agar proses evakuasi oleh Tim SAR Gabungan segera bisa teratasi.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan lebih lanjut mengenai perkembangan informasi evakuasi penambang emas yang terjebak di Kawasan Pertambangan Emas Rakyat Desa Pancurendang, Banyumas tersebut. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan