Puskesmas hingga 3 SDN Berdiri di Lahan Milik Desa Cinunuk, Hilir Mudik Pengunjung Jadi Sumber Kemacetan Lalu Lintas?

JABAR EKSPRES  – Puskesmas dan tiga bangunan SD Negeri di Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung masih berdiri di lahan milik Desa Cinunuk yang posisinya satu hamparan dengan kantor desa.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, posisi bangunan Kantor Desa Cinunuk bersebelahan dengan Puskesmas Cinunuk, tepatnya di pinggir ruas Jalan Raya Cinunuk.

Kondisi di ruas Jalan Raya Cinunuk terpantau semrawut. Bahkan dampak lainnya area tersebut kerap menjadi sumber kemacetan di jam-jam sibuk.

Hal itu disebabkan, karena adanya aktivitas warga yang hendak mengurus administratif ke kantor desa, ditambah masyarakat yang berkunjung ke puskesmas untuk berobat.

Disamping adanya aktivitas warga yang hampir setiap hari berseliweran ke kantor desa dan ke puskesmas, hilir mudik para siswa bersama orangtua SDN 2, 6 dan 7, membuat situasi lalu lintas rawan terjadi kecelakaan.

Karena kesemrawutan itulah, untuk parkir kendaraan terutama roda empat sudah tak ada lahan ruang yang layak. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua baik di depan kantor desa dan puskesmas pun tergolong sempit.

Kepala Desa (Kades) Cinunuk, Edi Juarsa ketika dikonfirmasi membenarkan, posisi bangunan Puskesmas Cinunuk, SDN 2, SDN 6 dan SDN 7 Cinunuk, lahannya masih menggunakan lahan milik Desa Cinunuk.

“Kami tidak mempersoalkan lahan milik desa digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan kepentingan pendidikan,” kata Edi, Kamis (27/7).

Menurutnya, meski tak menjadi persoalan tapi melihat kondisi bangunan yang berhimpitan dengan kepadatan aktivitas banyak orang, dari setiap bangunan membuat area tersebut menjadi sesak.

“Ya ini barangkali harus jadi perhatian dinas terkait,” ungkap Edi.

Dia mengaku, untuk upaya penataan wilayah terkhususnya area kantor desa, puskesmas dan ketiga SDN tersebut, pembenahannya sudah pernah dilakukan oleh dinas terkait.

“Penataan dan pembenahan sudah dilakukan dinas terkait. Selain SDN 1 Cinunuk sudah lebih awal pindah dan memiliki bangunan sendiri,” imbuh Edi.

Diketahui, selain ketiga SDN 2, 6 dan 7, sebelumnya SDN 1 Cinunuk pun bangunannya sempat berdiri di lahan milik desa. Namun kini SDN 1 telah pindah dan memiliki lahan sendiri di Komplek Permata Biru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan