Jelang Pemilihan Umum 2024, KPU RI Gelar Simulasi Pemilu Pertama di Kabupaten Bogor

Jabarekspres.com, BOGOR -Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar kegiatan simulasi bongkar muat, sortir, lipat dan pengepakan logistik untuk Pemilu 2024 di Kantor KPU Kabupaten Bogor, Kamis (27/7).

Kegiatan simulasi itu dilakukan mulai dari menurunkan logistik dari truk yang terparkir di depan gudang KPU Kabupaten Bogor.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menyampaikan, bahwa simulasi di KPU Kabupaten Bogor merupakan yang pertama yang dilakukan pihaknya menjelang Pemilu 2024.

“Ini perdana yang kami lakukan dan Kabupaten Bogor merupakan awal pelaksanaan simulasi ini,” ujar Hasyim kepada media.

Hasyim menambahkan, Kabupaten Bogor sendiri, merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang cukup besar mencapai 3,8 juta.

Kata dia, Kabupaten Bogor bisa menjadi pilot project dalam melakukan simulasi Pemilu 2024 sebelum melaksanakan hal serupa di daerah lain.

“Ini simulasi awal dan perdana yang kami lakukan. Ini (Kabupaten Bogor) akan dijadikan model untuk daerah lain dengan karakter yang berbeda,” paparnya.

Namun untuk sejauh ini, Sambung Hasyim belum ada hal yang krusial yang harus dievaluasi dalam persiapan Pemilu di Kabupaten Bogor.

Dirinya meyakini meskipun dengan jumlah pemegang hak suara yang banyak, Kabupaten Bogor tetap bisa melaksanakan Pemilu dengan baik sama seperti sebelum-sebelumnya.

“Ya kan sistem sudah berjalan. Sudah punya pengalaman. Sudah melakukan evaluasi dan ada Provinsi juga yang melakukan evaluasi itu. Sehingga kekurangannya apa, itu bisa diatasi. Saya kira secara keseluruhan situasinya sama ya (dengan daerah lain),” ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama komisioner KPU Kabupaten Bogor, Herry Setiawan berharap kedatangan KPU RI membawa perubahan pihaknya dalam menyelenggarakan Pemilu yang lebih baik.

“Ya tentu kami harapkan Pemilu nanti bisa berjalan dengan baik dan lancar. Dan kami harap juga KPU RI melihat kondisi di Kabupaten Bogor ini,” pungkasnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan