Galian Tambang Emas di Banyumas Roboh, 8 Orang Terjebak

JABAR EKSPRES- Delapan warga Bogor, Jawa Barat, terjebak dalam galian tambang emas rakyat di Desa Pancurendang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sejak Selasa, 25 Juli 2023.

Galian tambang emas tersebut memiliki kedalaman 60 meter. Kepala Kantor SAR Cilacap, Adah Sudarsa.

Menginformasikan bahwa tim SAR gabungan yang dikoordinasi oleh Kantor SAR Cilacap telah dikerahkan untuk mengevakuasi delapan orang penambang yang terjebak.

BACA JUGA : Proses Evakuasi 8 Penambang yang Terjebak di Pertambangan Emas Rakyat Berlanjut

Penyebab mereka terjebak di dalam lubang tambang dikarenakan rembesan air yang tiba-tiba muncul, sehingga menggenangi area pertambangan.

Para korban terjebak dalam lubang tambang emas tersebut adalah Suriyana (29), Rama Abd Rohman (38), Ajat (29), Mad Kholis (32), Marmumin (32), Muhidin (44), Jumadi (33), dan Mulyadi (40). Mereka semuanya berasal dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Adah menyatakan bahwa tim dari Kantor SAR Cilacap dan Unit Siaga SAR telah dikerahkan untuk operasi pencarian dan pertolongan guna menyelamatkan para penambang yang terjebak di bawah tanah.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, masih terus memantau perkembangan upaya evakuasi delapan warga mereka yang masih terjebak di dalam lubang tambang emas.

Namun, proses evakuasi dihadapkan pada kendala medan yang cukup sulit.

Sejak menerima kabar bahwa warganya terjebak pada Selasa, 25 Juli malam, Iwan telah melakukan pemantauan dengan intens dari Bogor.

Dari delapan penambang emas yang terjebak, tujuh di antaranya berasal dari Kecamatan Sukajaya, dan satu orang lainnya berasal dari Kecamatan Nanggung.

Iwan berharap tim SAR yang bertugas dapat diberi kemudahan dan keselamatan agar seluruh korban dapat selamat dari situasi tersebut.

Selain bantuan dari Tim SAR Gabungan setempat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bogor juga telah mengirimkan tujuh personel untuk membantu proses evakuasi delapan penambang emas.

Plt. Kepala BPBD Bogor, Asep Sulaeman, menyatakan bahwa tim tersebut telah dipersiapkan dan diberangkatkan untuk memberikan bantuan dalam upaya evakuasi.

BACA JUGA : Bripda IDF Anggota Densus 88 Tewas Ditembak Oleh Sesama Anggota

Semua pihak berharap agar evakuasi dapat berjalan dengan lancar dan selamatkan seluruh penambang yang terjebak di dalam lubang tambang emas tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan