4 Cara Membedakan Jahe, Kunyit, Lengkuas, dan Kencur, Sudah Tahu?

JABAR EKSPRES – Banyak orang yang bingung membedakan jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur. Pembahasan terkait hal ini sampai ramai diperbincangkan di media sosial. Awalnya seorang pengguna Twitter mengunggah sejumlah foto jenis rempah dan kebingungan dalam membedakannya. Lantas, bagaimana cara untuk membedakan jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur?

Rempah-rempah yang menjadi pembahasan di media sosial tersebut pasti sudah tidak asing lagi dijadikan sebagai bumbu dapur untuk berbagai makanan khas di Indonesia. Selain itu, rempah yang viral ini juga umumnya menjadi obat herbal untuk memelihara kesehatan serta mengurangi berbagai risiko penyakit berbahaya.

Untuk membedakan rempah-rempah ini, kamu bisa mengetahuinya dari berbagai cara berikut ini.

Baca Juga: Kenyal, Manis, Wangi! Resep Wedang Ronde Jahe Pas Disantap Saat Cuaca Dingin

Ketahui aroma setiap rempah

Jahe memiliki aroma yang khas yaitu kuat, segar, hangat, dan pedas. Sementara itu, kunyit beraroma agak pahit, dan lebih menyengat daripada jahe. Sedangkan lengkuas memiliki aroma segar dan cenderung manis. Kencur sendiri beraroma sangat tajam dan kuat.

Membedakan dari warnanya

Paling mudah jika kamu membedakan jahe, kunyit, lengkuas, dan kencur dari warnanya. Umumnya jahe berwarna kuning kecoklatan hingga nampak cokelat tua. Selain itu, permukaan luar jahe lebih halus daripada lengkuas atau kencur.

Untuk kunyit, paling gampang dibedakan dengan rempah lainnya. Karena warnanya yang kuning khas. Saat dipotong, bahkan warnanya dapat menempel di tangan.

Lengkuas memiliki warna cokelat keabu-abuan. Kulit lengkuas memiliki bintik-bintik dan bertekstur kasar. Ketika dipotong, bagian dalam lengkuas akan terlihat warna putih dengan bintik-bintik cokelat atau hitam.

Sedangkan, untuk kencur berwarna cokelat tua hingga cenderung hitam. Bagian luarnya bertekstur kasar dan berkerut. Sementara pada bagian dalamnya menunjukkan warna putih dengan bintik cokelat.

Baca Juga: Ternyata Kunyit Bisa Memutihkan Gigi, Begini Penjelasan Dokter

Membedakan dari tekstur dagingnya

Bagian daging kunyit dan kencur lebih lunak dan mudah diparut dari rempah lainnya. Sedangkan untuk lengkuas memiliki daging yang paling keras dan sulit untuk dipotong. Adapun untuk jahe, dagingnya banyak serat dan keras.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan