Terinspirasi dari Pandawara Group, Camat Cileunyi Minta Bersihkan Sungai Jadi Giat Rutinan Warga

JABAR EKSPRES – Aksi dari 5 orang pemuda yang menamai Pandawara Group dalam kepedulian lingkungan membersihkan sampah, mendapat respons positif.

Ajakan Pandawara Group membersihkan Sungai Cikeruh, tepatnya di Jalan Sukarame, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung pun berlangsung bersama gabungan elemen masyarakat.

Pembersihan sampah di sungai tersebut, berawal dari video yang diunggah oleh Pandawara Group, hingga viral di sosial media pada Senin 24 Juli 2023 lalu.

BACA JUGA: Polemik Kebun Binatang Bandung, Pengamat Hukum UPI Nilai Pemkot Tak Bisa Terburu-buru

Pandawara Group merupakan sekumpulan anak muda yang aktif dan peduli terhadap isu lingkungan, dengan aksi melakukan pembersihan di sejumlah wilayah Indonesia.

Adapun sampah yang menumpuk di Sungai Cikeruh itu, merupakan sampah dari dua wilayah yaitu Sumedang dan Bandung yang menumpuk di Bendung Bugel.

Menyikapi aksi gotongroyong itu, Camat Cileunyi, Agus Rizal mengatakan bawha sampah-sampah yang menumpuk di wilayahnya alias di aliran Sungai Cikeruh, merupakan kiriman dari daerah lain.

“Memang sering menumpuk karena terbawa arus sungai, sehingga tertahan di bendungan,” kata Agus kepada Jabar Ekspres, Rabu (26/7).

Menurutnya, aksi Pandawara Group harus menjadi contoh bagi seluruh masyarakat, agar lebih peduli dan beraksi dalam kebersihan lingkungan.

“Warga di kita alhamdulillah sudah tidak membiasakan membuang sampah ke sungai, jadi itu memang sampah kiriman,” ujar Agus.

“Dengan adanya aksi seperti ini, menjadi bukti nyata terhadap peduli kebersihan lingkungan,” lanjutnya.

BACA JUGA: Bersihkan Sampah di Sungai Cikeruh, Aksi Nyata Pandawara Group Bersama Masyarakat Bandung

Agus mengungkapkan, melihat antusiasme masyarakat yang bergotongroyong membersihkan sampah di aliran Sungai Cikeruh, diharapkan bisa terus berkesinambungan.

“Sungai itu juga tidak sepenuhnya masuk wilayah Kecamatan Cileunyi, tapi perbatasan dengan Kecamatan Rancaekek,” ungkapnya.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, tak hanya Karang Taruna Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi saja yang berpartisipasi, namun masyarakat luar wilayah pun terlihat turut terjun membersihkan sampah.

Ratusan orang yang bergabung membersihkan sampah di Sungai Cikeruh terlihat antusias. Hal itu terbukti dari elemen masyarakat hingga pemerintahan  yang sudah memadati sejak pukul 8.00 WIB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan