Serem! NASA Merilis Gambar Kebakaran Hutan di Yunani

JABAR EKSPRES – Kebakaran hutan yang berkobar di seluruh pulau Rhodes di Yunani membuat puluhan ribu penduduk lokal dan turis berebut keselamatan pada akhir Juli 2023.

Gelombang panas ekstrem yang berkepanjangan menyebabkan risiko kebakaran tinggi di sebagian besar negara. Api juga menyala di daratan dan pulau Corfu dan Evia.

Operational Land Imager (OLI) di Landsat 8 memperoleh gambar aktivitas api di Rhodes pada 19 Juli, dikutip dari laman NASA Earth Observatory.

Gambar tersebut berwarna alami, dengan tanda inframerah dari api yang menyala secara aktif dilapisi dengan warna merah. Asap tebal terlihat melayang ke arah barat menuju Laut Aegea.

BACA JUGA: Lebih dari 2.500 Orang Dievakuasi dari Kebakaran di Yunani Selama Cuaca Panas Ekstrem

Diperkirakan 19.000 orang dievakuasi dari daerah yang terancam oleh kobaran api, menurut laporan berita.

Banyak yang mencari perlindungan di tempat penampungan darurat seperti sekolah, gimnasium, dan kapal yang berlabuh, sementara beberapa di desa tepi pantai menaiki kapal penjaga pantai untuk menyelamatkan diri.

Pada 24 Juli, ada 82 kebakaran yang terjadi di seluruh Yunani, dengan 64 di antaranya dimulai pada 23 Juli.

Selain banyak orang yang terkena dampak di Rhodes, lebih dari 2.500 orang di Corfu dievakuasi, dan penduduk desa di selatan Evia mendapati diri mereka sendiri dalam bahaya karena angin kencang mengipasi api.

BACA JUGA: Darurat Krisis Iklim! 60 Ribu Orang di Eropa Meninggal Akibat Cuaca Panas Ekstrem

Area program Earth Applied Sciences Disasters NASA telah diaktifkan untuk mendukung kebakaran di Yunani, menanggapi permintaan dari World Central Kitchen untuk data dan citra lokasi dan dampak kebakaran untuk menginformasikan upaya kemanusiaan mereka dalam menyiapkan dapur bagi mereka yang terkena dampak.

Dengan kondisi kebakaran yang semakin meluas di pulau Rhodes, puluhan ribu orang telah berusaha melarikan diri dari kawasan tersebut, termasuk para wisatawan yang ketakutan.

Sejak hari Minggu hingga Senin, sekitar 2.400 pengunjung dan penduduk setempat berhasil dievakuasi dari pulau Corfu, menurut juru bicara dinas pemadam kebakaran.

BACA JUGA: Krisis Iklim Menyebabkan Meningkatnya Resiko Penyakit DBD dan Chikungunya di Eropa

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan