Kurang Kesadaran Dalam Buang Sampah, Pemkab Bandung Targetkan Kabupaten Bandung Bebas TPA

JABAR EKSPRES – Melihat masih banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan hingga menyebabkan tersumbatnya aliran sungai, Bupati Bandung menyebut kedepannya menargetkan Kabupaten Bandung bebas Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Menurutnya adanya TPA ini bisa mengoptimalkan pengelolaan sampah sehingga bisa menghasilkan.

“Jadi artinya pengelolaan sampah betul-betul bisa menghasilkan, mudah-mudahan bisa diterapkan,” ujar Dadang saat ditemui saat bersih-bersih sampah di Sungai Cikeruh, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Rabu (26/7/2023).

Dadang menjelaskan hampir setiap harinya produksi sampah di Kabupaten Bandung mencapai 1.300 ton sehingga diperlukan upaya untuk mengurangi dengan TPA.

BACA JUGA: Terlilit Utang Pinjol, Seorang Mahasiswa di Bandung Nekat Buat Laporan Palsu Sebagai Korban Begal

“Kabupaten Bandung setiap harinya memproduksi sampah 1.300 ton tapi yang belum bisa diselesaikan sekitar 250 ton lagi per hari dan kami upayakan agar terus bisa mengurangi, dan pada akhirnya zero TPA,” katanya.

Sehingga menurut Kang DS sapaan akrabnya menyebut jika kabupaten ini nantinya akan sehat dan bisa mengurangi kekurangan sampah untuk membuat produksi.

“Dan akhirnya Kabupaten Bandung akan sehat dan mungkin ke depan ada targetan kita kekurangan sampah untuk memberikan atau membuat produksi, kita sudah mulai, dan tahun depan kita launching di 4 lokasi, saya juga mengundang ke Pandawa Group,” tegasnya.

Dirinya pun meminta kepada pemerintah hingga semua elemen masyarakat untuk mulai bergandeng tangan dalam membersihkan sampah di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA: Demi Ciptakan Pemerintahan yang Bersih, Pemkab Bandung Gandeng KPK

“Mulai dari pemerintah hingga masyarakat bisa bergandengan tangan untuk bisa membersihkan sampah baik di lingkungan masing-masing,” ungkapnya.

“Dan besok hari Sungai Nasional semoga sungai di sekitaran kita bisa jauh lebih baik dan bisa dimanfaatkan masyarakat.,” tutupnya.

Diketahui, salah satu konten kreator lingkungan Pandawa Group melakukan bersih-bersih sampah di Sungai Cikeruh, Desa Cimekar, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (26/7/2023).

Ratusan elemen masyarakat pun ikut turun bergotong royong dalam membersihkan sampah di sepanjang sungai ini.

Datang pula beberapa instansi pemerintahan seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Satgas BBWS, hingga Bupati Bandung, Dadang Supriatna.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan