Elon Musk dan Huruf X, Mengapa Terobsesi dengan X?

JABAR EKSPRES – Logo Twitter yang khas dengan burung biru perlahan sudah mulai digusur dengan huruf X. Tidak hanya logonya saja, namun nama Twitter sendiri akan berubah dengan X. Bahkan situs web X.com saat ini sudah bisa diakses dan redirect ke Twitter. Lantas, apa hubungan Elon Musk dan huruf X? Mengapa bos raksasa teknologi itu seperti terobsesi dengan X?

Bukan menjadi hal baru, ternyata huruf X tidak lepas dari berbagai perusahaan yang digarap oleh Elon Musk. Jajaran orang terkaya versi Forbes ini kerap menyematkan huruf X pada perusahaan miliknya.

Misalnya saja, SpaceX yang merupakan perusahaan transportasi luar angkasa swasta yang berpusat di Amerika Serikat. Kemudian, ada X.AI perusahaan Elon yang bergerak di bidang kecerdasan buatan.

Selain itu ada juga Tesla Model X yang merupakan mobil SUV hasil pabrikan Tesla. Bahkan nama anak Elon Musk dengan Grimes diberi nama dengan X Æ A-XII.

Seorang penulis biografi dengan judul ‘Elon Musk: Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future 2015’ bernama Ashlee Vance, menyebut jika ketertarikan Elon dengan huruf X berawal dari salah satu usahanya yang paling awal.

Baca Juga: Elon Musk Bakal Ubah Nama dan Logo Twitter Jadi X

Pada tahun 1999, Elon mendirikan perbankan daring yang disebut X.com, namun banyak pihak yang kurang tertarik dengan nama tersebut karena huruf X kerap dianggap sebagai konteks seksual.

Bahkan, saat situs web X.com digunakan untuk Twitter, sebagian pengguna dari Indonesia juga kesulitan mengaksesnya karena diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) karena sebelumnya digunakan situs lain dan masuk dalam list yang melanggar.

Namun, Elon Musk tetap mempertahankan nama tersebut. Hingga akhirnya, pada tahun 2000 X.com bergabung dengan Confinity Inc., dan berubah namanya menjadi PayPal.

Obsesinya terhadap huruf X tetap berkibar, dan terbukti pada tahun 2017 Elon Musk membeli kembali nama domain X.com dari PayPal. Elon mengaku jika pembelian nama itu berdasarkan nilai sentimental besar yang dimilikinya. Namun, tidak jelas bagaimana maksud sebenarnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan