Tips Sehat Mengkonsumsi Daging Kurban, Batasi Porsi dan Olah dengan Baik

JABAR EKSPRES – Menjelang Hari Raya Idul Adha atau juga di kenal sebagai Lebaran Haji, hidangan daging kurban menjadi hal yang tak terpisahkan. Baik daging sapi maupun daging kambing menjadi menu yang populer.

Namun, sebelum mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak, seorang dokter spesialis gizi dari klinik Eka Hospital BSD bernama Elia Indrianingsih membagikan beberapa tips agar konsumsi daging kurban tetap dalam batas yang aman.

Baca juga : 7 Rekomendasi Gaya Busana Idul Adha agar Terlihat Elegan dan Berkelas

Tips Sehat Konsumsi Daging Kurban

1. Konsumsi dengan Porsi Tepat

Salah satu tips yang di berikan adalah mengonsumsi daging dengan porsi yang secukupnya. Jika Anda mendapatkan daging kurban dalam jumlah yang banyak, di  sarankan untuk memasak dan mengonsumsinya dengan porsi yang tepat.

2. Pemilihan Daging

Selain itu, pemilihan area daging juga penting. Lebih baik memilih bagian daging yang rendah lemak, seperti has dalam, dan menghindari bagian perut atau jeroan yang cenderung berlemak.

3. Perhatikan Olahan Daging

Dalam hal pengolahan daging, dokter Elia merekomendasikan untuk mengolahnya menjadi sup bening. Jika menggunakan santan, sebaiknya batasi jumlah kuah santan yang di gunakan.

Jika ingin membakar daging, hindari bagian yang terlalu gosong agar tetap menjaga kualitas daging.

4. Imbangi dengan Sayur atau Buah

Selain itu, konsumsi serat juga sangat penting. Pastikan untuk melengkapi konsumsi daging dengan sayuran dan buah-buahan yang kaya serat untuk menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

5. Tetap Olahraga Rutin

Dokter Elia juga menyarankan untuk tetap melakukan olahraga secara rutin, bukan hanya setelah Hari Raya Idul Adha. Di sarankan juga untuk menghindari menyantap makanan, terutama daging, dua jam sebelum tidur.

6. Tidak Mengkonsumsi di Hari Berikutnya

Tips terakhir yang di berikan adalah untuk tidak mengonsumsi menu yang sama dengan daging pada hari berikutnya. Di sarankan untuk menggantinya dengan lauk pauk lain seperti ayam, ikan, tahu, tempe, dan sayuran dengan memperhatikan cara pengolahannya.

Baca juga : 10 Tips Praktis dan Cepat Menghilangkan Bau Daging Kambing

Dengan menjalankan tips-tips ini, di harapkan masyarakat dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner, stroke, kolesterol tinggi, dan obesitas yang dapat di sebabkan oleh konsumsi daging berlebihan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan